Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Tipis dengan Skutik Baru, Ini Pilihan Mobil Bekas Rp 30 Jutaan

Kompas.com - 16/09/2022, 16:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Dengan harga murah meriah, mobil bekas jadi alternatif yang cukup menarik. Jika hitung-hitungan, harganya bisa disandingkan dengan membeli skutik bongsor baru. 

Menariknya mobil bekas masih bisa mengakomodasi beberapa penumpang, selain itu juga lebih nyaman lantaran tidak kepanasan dan kehujanan.

Namun demikian, mobil bekas dengan dana Rp 30 jutaan yang dimaksud beda tipis dengan beberapa banderol skutik bongsor saat ini, tentu dalam usia yang relatif tua. 

Lantas, unit apa saja yang bisa di pilih dengan harga segitu? 

Baca juga: Cara Aman Membeli Mobil Bekas dari Tangan Kedua

Kabul Santoso Penjual Mobil Bekas asal Demak mengatakan, walau harga murah, unit budget murah tak boleh di pandang sebelah mata. 

"Harga Rp 30 juta pilihan cukup variatif, ada Kijang lintas generasi. Sama beberapa sedan lawas," kata dia kepada Kompas.com, Jumat (16/9/2022). 

Tak dipungkiri, Kabul melanjutkan, dengan harga yang murah tak jarang ada saja pekerjaan rumah (PR), seperti harus melakukan beberapa perbaikan. 

Kia Carnival, pilihan mobil bekas Rp 30 jutaanDicky Aditya Wijaya Kia Carnival, pilihan mobil bekas Rp 30 jutaan

paling utama, sebelum membeli konsumen harus cermat memperhatikan patokan kondisi bodi, mesin, kelistrikan, dan kaki-kaki. 

"Kuncinya jangan buru-buru asal tergiur harga murah. Terpenting, cek unit poin perhatian penuh adalah bodi. Jangan sampai dapat unit keropos beberapa titik, mesin nomor dua," ucap Kabul. 

Menurutnya, urusan mesin walau penting namun bisa sedikit di kesampingkan. Kuncinya, asal tidak ada gejala ngobos atau asap putih ngebul, kondisi mesin tidak ada masalah. 

Satu hal, pertimbangan demikian lantaran perbaikan bodi membutuhkan biaya yang bisa dibilang cukup mahal. 

Baca juga: Punya Bujet Rp 40 Jutaan, Ini Pilihan MPV Bekas buat Keluarga

Cat body mobil rusakDicky Aditya Wijaya Cat body mobil rusak

"Perbaikan bodi mobil mahal dan butuh waktu lama. Makanya, jangan sampai salah pilih unit yang sudah keropos. Kalau mesin, itu kan bisa di perbaiki sedikit-sedikit istilahnya cicil PR," ujarnya. 

Lebih jauh, saat ini menurutnya, seiring kenaikan harga BBM, mobil bekas ikutan banting harga.  Dendan dan Rp 30 jutaan ada mobil tahun 2000-2002 dengan kondisi segar. 

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Jumat (16/9/2022), berikut ini daftar pilihan mobil murah rasa motor baru di wilayah Semarang dan sekitarnya, yaitu: 

Baca juga: Masih Ada Pilihan Mobil Diesel Bekas di Bawah Rp 150 Juta di Semarang

Kijang LGX 2003 Bensin, Rp 34 juta 

Taruna FGX 2001, Rp 31 juta  

Soluna 2003, Rp 30 juta 

Panther LS Hi-Grade 2000, Rp 33,5 juta 

Kia Carnival GS 2000, Rp 25 juta

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com