Imbas Perang, Toyota Resmi Menutup Pabrik Rusia

Kompas.com - 24/09/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corp resmi menutup pabrik Rusia setelah menghentikan produksi sejak Maret 2022.

Dikutip dari Carscoops, Sabtu (24/9/2022), alasan Toyota tidak melanjutkan produksi di pabrik Rusia lantaran kesulitan memasok komponen dan suku cadang utama di tengah perang di Rusia dan Ukraina.

"Keputusan untuk menghentikan produksi kendaraan Toyota di Rusia bukanlah keputusan yang kami anggap enteng. Namun, setelah enam bulan, kami belum dapat melanjutkan aktivitas normal dan tidak melihat indikasi bahwa kami dapat memulai kembali di masa mendatang,” kata pembuat mobil top Jepang, dikutip dari Carscoops, Sabtu (24/9/2022).

Baca juga: Segini Biaya Tambal Ban Skutik yang Bocor

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada karyawan kami atas kerja keras dan loyalitas mereka,” lanjutnya.

Toyota RAV4 juga kena imbas airbag Takata.carscoops Toyota RAV4 juga kena imbas airbag Takata.

Meski begitu, penjualan akan terus dilakukan hingga unit habis terjual. Toyota juga akan memberikan perawatan dan layanan lainnya untuk konsumen di Rusia.

Baca juga: Cara Paling Mudah Merawat Transmisi Mobil Matik

Seperti diketahui, Toyota menjadi salah satu dari sejumlah produsen mobil seperti Honda Motor, Mitsubishi, dan Mazda Motor yang menghentikan kegiatan bisnis dan produksi di Rusia pada Maret lalu. Hal tersebut sebagai bentuk atas protes invasi Rusia ke Ukraina.

Toyota sendiri merupakan pemimpin pasar mobil Rusia dengan menghasilkan 80.000 unit kendaraan dan menjual 110.000 unit tahun lalu di pabrik St. Petersburg termasuk kendaraan sport RAV4 dan sedan Camry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.