Kompas.com - 23/09/2022, 14:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Ban kendaraan memiliki fungsi yang tak bisa dianggap remeh sehingga kondisinya wajib diperhatikan.

Selain perawatan seperti menambah tekanan udara dan lain sebagainya, tak kalah penting adalah melihat usia atau umur pakainya.

Ban yang kedaluwarsa selain berbahaya bila digunakan, juga banyak kerugiannya. Seperti mudah bocor sampai benjol. 

Meski tak digunakan, umur ban akan terus bertambah. Semakin lama otomatis akan mempengaruhi performanya.

Baca juga: Tiga Metode Tambal Ban Tubeless, Mana yang Paling Baik?

Usia ban yang layak digunakan bisa diperhatikan dari kondisi fisik atau kode informasi berupa huruf dan angka yang tertulis pada bagian dinding ban.

Lantas bagaimana cara bacanya? 

Sebelum road trip, pastikan seluruh aspek kendaraan berada dalam kondisi prima, termasuk ban mobil.                    Bridgestone Sebelum road trip, pastikan seluruh aspek kendaraan berada dalam kondisi prima, termasuk ban mobil.

Informasi bisa dilihat  dengan melihat huruf dan angka yang ada pada dinding ban.  Mulai spesifikasi, baik itu ukuran dan jenis penggunaan, tahun produksi, dan masa kedaluwarsa ban. 

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal mengatakan, ban kadaluarsa patokannya bisa dilihat dari tahun produksi dan kondisi fisik ban keseluruhan. 

"Kalau alur permukaan ban sudah mendekati thread wear indicator (TWI), artinya sudah waktunya ganti," ucap Zulpata kepada Kompas.com, Jumat (23/9/2022). 

Baca juga: Ingat, Fatalnya Sepelekan Tekanan Udara Ban Mobil

Kemudian, dilanjutkan dengan cek usia ban berdasarkan kode tahun produksi yang tertulis pada dinding ban. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.