Kompas.com - 22/09/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri karoseri pembuat bodi bus di Indonesia saat ini sudah semakin berkembang. Kalau dilihat dahulu, sekitar 1990-an, desain bodi bus setiap karoseri kurang lebih mirip dan sederhana.

Sedangkan saat ini, setiap karoseri punya desain bus yang khas dengan bahasa desain masing-masing. Hal ini yang membuat bangga karena semakin beragam bus-bus yang beredar di jalan raya.

Anthony Steven Hambali, pemilik PO Sumber Alam mengatakan, industri bus dalam negeri saat ini sedang mengalami kemajuan yang luar biasa, bahkan jadi inspirasi negara lain.

Baca juga: Operator Bus Kesulitan Isi Solar padahal Harga Sudah Naik

Jiplakan bus suites class di BangladeshFACEBOOK.com/SAINTMARTIN TRAVELS Jiplakan bus suites class di Bangladesh

"Industri bus saat ini di indonesia itu memang mengalami kemajuan yang luar biasa. Bahkan beberapa model kita ini dikembangkan di Indonesia, dicontoh sama negara lain," kata Anthony di Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Anthony mengatakan, desain bus buatan di Indonesia saat ini dipandang bagus oleh negara lain. Contoh negara yang kerap menyontek desain bus dari Indonesia adalah Bangladesh.

Baca juga: Punya Dana Rp 20 Jutaan, Mending Konversi atau Beli Motor Listrik?


Bodi bus buatan Karoseri Adiputro seperti Jetbus dan Karoseri Laksana yakni Legacy SR2 kerap dijadikan inspirasi. Jadi jangan heran kalau lihat kembaran Jetbus atau Legacy SR2 di negara lain.

"Saat ini menurut saya desain karoserinya tidak lagi berkiblat pada Eropa atau Jepang, kita punya style sendiri dan kita bangga akan hal itu," ucap Anthony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.