Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Listrik eActros LongHaul Meluncur, Bisa Tempuh 500 Km

Kompas.com - 21/09/2022, 08:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mercedes Benz Trucks resmi meluncurkan truk listrik eActros LongHaul pada gelaran IAA Transportation 2022 di Hannover, Jerman, Selasa (20/9/2022).

Hadirnya eActros LongHaul ini melanjutkan eActros yang diluncurkan 2021. Keunggulan dari model truk listrik ini adalah, sesuai intepretasi namanya, LongHaul, yaitu jarak tempuh yang panjang, cocok untuk aktivitas logistik antar daerah.

Selain itu, secara desain juga berbeda sedikit dengan eActros biasa. Bisa dilihat di bagian depan ada lampu LED yang memanjang dari sisi kiri ke kanan.

Baca juga: Kemenhub Bakal Revisi Sanksi Hukum untuk Truk ODOL

Mercedes Benz eActros LongHaulDaimler Truck Mercedes Benz eActros LongHaul

Sebenarnya eActros LongHaul sudah diuji coba secara intensif oleh Mercedes Benz Trucks, namun akhir 2022 ini, akan tes di jalan publik. Selain itu, mulai 2023, truk listrik yang masih berstatus prototipe ini, akan dikirim ke sejumlah perusahaan pelanggan untuk dites.

Karin Rådström, CEO Mercedes-Benz Trucks mengatakan, Mercedes Benz Trucks terus mengembangkan lini produk truk listrik berbasis baterai.

"Fokus kami adalah menawarkan keuntungan (truk listrik) yang jelas ke pelanggan. Oleh karena itu, truk listrik didesain khusus untuk e-mobility, memberikan pelanggan drivability, efisiensi energi, dan keawetan," ucapnya dalam siaran resmi yang Kompas.com dapatkan, Selasa (20/9/2022).

Baca juga: Tekan Biaya, Kemenhub Siapkan Subsidi Konversi Motor BBM ke Listrik

Mercedes Benz eActros LongHaulDaimler Truck Mercedes Benz eActros LongHaul

Keunggulan dari eActros LongHaul adalah tiga pak baterai dengan jumlah kapasitas lebih dari 600 kWh. Dipasang dua motor listrik yang menghasilkan tenaga 400 kW atau 536,4 TK (continuous) dan 600 kW atau 804,6 TK (peak).

Selain model tractor head yang sekaran dirilis, Mercedes Benz juga menyiapkan eActros dengan sasis rigid. Jadi nantinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan memiliki jarak tempuh yang lebih jauh.

Untuk baterai yang digunakan model Lithium-iron Phosphate Cell (LFP) yang diklaim lebih tahan lama dan efisien. Hebatnya lagi, eActros LongHaul bisa dicas dari 20 persen sampai 80 persen di bawah 30 menit dengan casan dengan output sekitar 1 megawatt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com