Kompas.com - 21/09/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mercedes Benz Trucks resmi meluncurkan truk listrik eActros LongHaul pada gelaran IAA Transportation 2022 di Hannover, Jerman, Selasa (20/9/2022).

Hadirnya eActros LongHaul ini melanjutkan eActros yang diluncurkan 2021. Keunggulan dari model truk listrik ini adalah, sesuai intepretasi namanya, LongHaul, yaitu jarak tempuh yang panjang, cocok untuk aktivitas logistik antar daerah.

Selain itu, secara desain juga berbeda sedikit dengan eActros biasa. Bisa dilihat di bagian depan ada lampu LED yang memanjang dari sisi kiri ke kanan.

Baca juga: Kemenhub Bakal Revisi Sanksi Hukum untuk Truk ODOL

Mercedes Benz eActros LongHaulDaimler Truck Mercedes Benz eActros LongHaul

Sebenarnya eActros LongHaul sudah diuji coba secara intensif oleh Mercedes Benz Trucks, namun akhir 2022 ini, akan tes di jalan publik. Selain itu, mulai 2023, truk listrik yang masih berstatus prototipe ini, akan dikirim ke sejumlah perusahaan pelanggan untuk dites.

Karin Rådström, CEO Mercedes-Benz Trucks mengatakan, Mercedes Benz Trucks terus mengembangkan lini produk truk listrik berbasis baterai.

"Fokus kami adalah menawarkan keuntungan (truk listrik) yang jelas ke pelanggan. Oleh karena itu, truk listrik didesain khusus untuk e-mobility, memberikan pelanggan drivability, efisiensi energi, dan keawetan," ucapnya dalam siaran resmi yang Kompas.com dapatkan, Selasa (20/9/2022).

Baca juga: Tekan Biaya, Kemenhub Siapkan Subsidi Konversi Motor BBM ke Listrik

Mercedes Benz eActros LongHaulDaimler Truck Mercedes Benz eActros LongHaul

Keunggulan dari eActros LongHaul adalah tiga pak baterai dengan jumlah kapasitas lebih dari 600 kWh. Dipasang dua motor listrik yang menghasilkan tenaga 400 kW atau 536,4 TK (continuous) dan 600 kW atau 804,6 TK (peak).

Selain model tractor head yang sekaran dirilis, Mercedes Benz juga menyiapkan eActros dengan sasis rigid. Jadi nantinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan memiliki jarak tempuh yang lebih jauh.

Untuk baterai yang digunakan model Lithium-iron Phosphate Cell (LFP) yang diklaim lebih tahan lama dan efisien. Hebatnya lagi, eActros LongHaul bisa dicas dari 20 persen sampai 80 persen di bawah 30 menit dengan casan dengan output sekitar 1 megawatt.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.