Kompas.com - 19/09/2022, 19:45 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan New CBR250RR dengan ubahan yang berfokus pada hal teknis dan tersedia dalam tiga varian, yakni Standar, SP, dan SP Quick Shifter (QS).

Di atas kertas, New CBR250RR varian SP dan SP QS dibekali mesin 250cc 2-silinder DOHC 8-katup.

Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimal 31 kW atau setara 41,5 tk pada 13.000 rpm dan torsi 25 Nm pada 11.000 rpm.

Bandingkan dengan CBR250RR SP QS model 2020 yang mengusung mesin 250 cc 2-silinder DOHC 8-katup dan dapat menghasilkan 40,3 tk pada 13.000 rpm dan torsi 25 Nm pada 11.000 rpm.

Baca juga: Klasemen MotoGP Usai GP Aragon, Bagnaia Makin Ancam Quartararo

Ilustrasi Motor sport Honda New CBR250RRDok. AHM Ilustrasi Motor sport Honda New CBR250RR

Untuk mesin pada varian SP dan SP QS terbaru dibekali mesin baru melalui pengembangan kompresi mesin yang meningkat pada ruang pembakaran, serta perubahan pada ukuran gear ratio.

Honda menyebut perubahan pada sisi mesin menghasilkan tenaga optimal, torsi yang optimal dan kecepatan puncak lebih tinggi dan tarikan New CBR250RR yang responsif.

Endro Sutarno, selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor, mengatakan, saat ini ketiga varian New CBR250RR memiliki mesin yang berbeda.

Baca juga: Asap Bakaran Lahan Jadi Penyebab Kecelakaan Beruntun di Tol Pejagan

“Varian ada tiga, pertama standar, standar ini non ABS. Mesinnya yang sama hanya di gear ratio dengan tipe SP ataupun SP-QS. Cuma dia tidak power up. Tenaga mesin sama dengan model sebelumnya,” ujar Endro di Karawang, Jawa Barat (19/9/2022).

“Kemudian tipe SP itu dia power up, tapi tidak menggunakan Quick Shifter. Tapi tidak bisa ditambahkan, karena akan banyak yang diubah, sampai ke crankshaft. Terus tipe yang ABS atau SP-QS, itu tenaga bertambah dan pakai Quick Shifter,” kata dia.

Sementara di bagian sokbreker, fitur baru yang disematkan ialah Separated Function Fork - Big Piston (SFF-Big Piston) inverted pada suspensi depan.

Baca juga: Siapa yang Tertarik Konversi Mobil Listrik?

New Honda CBR250RR Kompas.com/Dio New Honda CBR250RR

“Suspensi di tipe yang sebelumnya kan SFF, sekarang SFF-BF. Untuk tipe yang SP-QS itu, stabilitas saat pengereman akan lebih bagus. Kemudian dia juga lebih responsif di jalan aspal. Jadi lebih cocok dipakai oleh orang-orang yang punya karakter agresif,” kata Endro.

“(Bantingan) enggak lebih keras, tapi lebih responsif. Sementara yang belakang masih sama dengan tipe yang tahun 2020,” tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.