Polisi Siapkan Ganjil Genap dan One Way di Jalur Puncak

Kompas.com - 18/09/2022, 12:22 WIB
|

BOGOR, KOMPAS.com – Untuk mengantisipasi kepadatan lalui lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, kepolisian memberlakukan pembatasan kendaraan dengan skema ganjil genap dan one way.

KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana mengatakan, aturan ganjil genap selama akhir pekan menyasar semua kendaraan di kawasan Puncak.

“Semua kendaraan, baik sepeda motor dan mobil,” ujar Ketut, disitat dari NTMC Polri, Minggu (18/9/2022).

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Aragon 2022, Bagnaia Pole Position

Situasi arus kendaraan saat penerapan one way arah Jakarta di sepanjang jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022) sore.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus kendaraan saat penerapan one way arah Jakarta di sepanjang jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022) sore.

Menurutnya, aturan ganjil genap ini tak akan berlaku bagi warga yang berdomisili di Puncak. Mereka tetap boleh melintas, namun harus menunjukkan identitas kepada petugas di lapangan.

“Ya betul, karena ini akses satu-satunya. Warga Megamendung, Ciawi, Cisarua, kita bisa lihat KTP-nya,” ucap Ketut.

Sementara itu, Ketut mengatakan polisi akan ditempatkan di sejumlah titik dan mengarahkan seluruh kendaraan yang pelat tak sesuai aturan untuk putar balik.

Baca juga: Ini Wilayah yang Masih Terapkan Pemutihan Pajak Kendaraan

“Untuk ganjil genap hari ini kami mulai dari pagi jam 06.00 WIB hingga 24.00 WIB,” kata Ketut.

Ketut menambahkan, rekayasa lalu lintas yang mungkin dilakukan adalah one way. Meski begitu semua berlaku secara situasional dengan melihat volume kepadatan kendaraan.

“Kemudian di siang hari sekitar jam 09.00 WIB, kita melihat situasi arus. Kalau memang dari Jakarta lebih padat dibanding menuju ke Jakarta, maka kita akan melakukan one way ke arah Puncak. Kalau one way dilaksanakan, ganjil genap tidak dilaksanakan,” ujar Ketut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.