Kompas.com - 17/09/2022, 12:42 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Saat memarkir mobil, biasanya pengendara memutar roda kemudi ketika mobil sedang berhenti, terutama di tempat parkir yang sempit atau padat dengan kendaraan lain.

Nah, muncul anggapan bahwa memutar roda kemudi saat mobil berhenti bisa memperpendek usia sistem kemudi, baik itu power steering-nya atau pun rack steer.

Lantas, apakah benar anggapan tersebut?

Baca juga: Begini Posisi Terbaik Pegang Kemudi Mobil

Power steering hidraulik.toyotazone.co.za Power steering hidraulik.

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Hardi Wibowo, mengatakan beban kerja power steering pastinya lebih besar jika roda kemudi diputar saat mobil berhenti, tapi belum tentu bisa merusak komponen.

“Kerusakan pada power steeringnya sih tidak, baik itu yang tipe hidrolis mau pun yang menggunakan motor EPS karena itu hal yang terpisah walau memang secara teknis beban kerja power steering lebih besar ketika roda kemudi diputar saat mobil berhenti,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (16/9/2022).

Dia mengatakan justru yang bisa rusak adalah bagian rack steer-nya, karena itu komponen yang bersinggungan secara langsung untuk menghadapi beban karena pemutaran roda kemudi.

Baca juga: Kemudi Mobil Terasa Berat, Cek Empat Komponen Berikut

Land Rover Defender 75th Limited EditionDok. Autoindustriya.com Land Rover Defender 75th Limited Edition

“Malah rack steer yang bisa cepat aus, itu pun untuk tipe yang sudah menggunakan motor EPS, karena itu merupakan adopsi dari rack steer tanpa power steering, kalau yang tipe hidrolis, beban kerja tersebut dibantu oleh minyak sehingga lebih awet dari ancaman aus,” ucap Hardi.

Dia menjelaskan struktur antara power steering hidrolis dengan EPS ada perbedaan yang berpengaruh pada keawetan rack steer.

“Bebebrapa yang dijumpai rack steer-nya aus ya mobil-mobil yang sudah menggunakan elektrik power steering,” ucap Hardi.

Baca juga: Keringat Bisa Bikin Lingkar Kemudi Mobil Cepat Rusak

Empat komponen, Electronic Power Steering (EPS), yaitu 1. EPS control unit. 2. EPS motor and resolver. 3. Reduction gear. 4. Torque sensor.autoserviceprofessional.com Empat komponen, Electronic Power Steering (EPS), yaitu 1. EPS control unit. 2. EPS motor and resolver. 3. Reduction gear. 4. Torque sensor.

Jadi, anggapan memutar roda kemudi ketika mobil berhenti bisa menyebabkan rack steer cepat rusak itu benar bagi mobil-mobil tertentu. Sehingga, lebih baik meminimalisir perilaku mengemudi yang kurang tepat tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.