Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi di Balik Kemudi Honda Brio RS dan Daihatsu Sirion

Kompas.com - 25/05/2022, 15:11 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas mengenai eksterior, interior dan performa. Kini saatnya tim redaksi mengulas bagaimana sensasi di balik kemudi Honda Brio RS dan Daihatsu Sirion.

Pertama untuk Honda Brio RS. Mobil ini dibekali dengan 1.2 L i-VTEC empat silinder yang mampu menghasilkan tenaga 88 tk di 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm. Honda menawarkan dua pilihan transmisi yakni manual dan CVT.

Dari pengetesan beberapa waktu lalu, performa transmisi Brio RS cukup responsif terutama di jalanan perkotaan. Meski pengaturan setir hanya tilt dan belum teleskopik, tidak mengurangi ergonomis saat berkendara.

Baca juga: Bahas Interior Honda Brio RS dan Daihatsu Sirion, Siapa Lebih Nyaman?

Mode D pada transmisi ini mampu menerjemahkan keinginan pedal gas, sesuai injakan pengemudi.

All New Honda Brio diklaim masih memberikan performa mumpuni meski terdapat perubahan fisik dari generasi terdahuluHonda All New Honda Brio diklaim masih memberikan performa mumpuni meski terdapat perubahan fisik dari generasi terdahulu

Mode transmisi S dan L juga mampu memenuhi keinginan pengemudi untuk torsi kendaraan. Namun, untuk penggunaan model transmisi P R N D S L ini (satu jalur) perlu penyesuaian karena kadang perpindahan yang ingin ke D, bablas ke posisi S atau L.

Saat tim redaksi mencoba menjajal mobil ini di arena slalom juga jalanan bebas hambatan, minim dirasakan gejala body roll dan electric power steering (EPS) membuat keinginan pengemudi dapat diterjemahkan cukup akurat.

Sementara untuk Daihatsu Sirion menggunakan mesin 1NR-VE Dual VVT-i dengan kubikasi 1.300 cc yang memiliki tenaga sebesar 93 tk pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 119 Nm pada 4.200 rpm.

Bicara soal sensasi, tarikan pada putaran bawah dalam kategori yang cukup aman serta minim entakan yang mengganggu kenyamanan.

Mengendarai Sirion ini di jalur Ibu Kota cukup fun to drive, dengan torsi yang lumayan membuat mobil ini asik ketika menghadapi kondisi stop and go. Dimensinya yang kompak juga membuat Sirion lincah menyelinap di jalur kemacetan.

Review Daihatsu Sirion AT 2020. Citycar Daihatsu ini memberikan beberapa ubahan yang menarik dari pembaruannya di 2020Kompas.com/Setyo Adi Review Daihatsu Sirion AT 2020. Citycar Daihatsu ini memberikan beberapa ubahan yang menarik dari pembaruannya di 2020

Sementara, ketika diajak tancap gas melewati jalur bebas hambatan alias jalan tol, putaran tenaga cenderung tertahan ketika pedal gas langsung di kickdown. Namun, bukan berarti loyo, hanya saja terasa sedikit lebih lambat.

Adapun dari sisi handling, sampai kenyamanan tak kalah untuk diperhitungkan. Terlebih lagi, secara tampilan Sirion punya tongkrongan yang sporty dan stylish, sesuai dengan pasarnya yang mengincar anak muda dengan mobilitas tinggi.

Baca juga: Polisi Mengupayakan Tanpa Penutupan Jalan Saat Formula E di Ancol

Kedua mobil ini memang menunjukan ciri khasnya sebagai mobil perkotaan. Baik Honda Brio RS atau Daihatsu Sirion sama-sama memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan, walaupun secara performa Honda Brio RS tidak sebaik kompetitiornya, namun dari sisi handling, sampai kenyamanan keduanya cukup diperhitungkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com