Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Berkendara di Balik Kemudi Mazda 2 Sedan

Kompas.com - 16/09/2022, 13:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mazda 2 Sedan resmi diluncurkan oleh PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI) pada akhir Juli lalu.

Sebagai mobil yang bermain di segmen sedan, Mazda 2 sedan bisa dibilang merupakan kendaraan roda empat yang mampu memberi kenyamanan saat berkendara.

Mazda 2 sedan memiliki tampilan yang modern dan elegan, sehingga cocok untuk digunakan sebagai kendaraan harian.

Walau begitu, pengalaman berkendara yang dihadirkan oleh salah satu sedan andalan Mazda ini tetap menyenangkan karena didukung oleh mode berkendara sport dan paddle shift.

Baca juga: Tes Akselerasi Mazda 2 Sedan

Demikian hal yang dirasakan oleh tim redaksi Kompas.com setelah menjajal Mazda 2 sedan terbaru di dalam dan luar kota selama beberapa hari.

Bicara soal kenyamanan, bangku baris pertama Mazda 2 sedan terasa sangat ergonomis untuk pengendara. Apalagi setirnya bisa diatur secara tilt dan teleskopik. Sayangnya, jok pengemudi belum dilengkapi dengan fitur elektrik (pengaturan jok masih manual).

Secara spesifik Mazda 2 sedan dibekali dengan mesin Skyactiv G 1.500 1.496 cc DOHC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 111 Tk pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 144 Nm pada 4.000 rpm.

Test Drive Mazda 2 SedanKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive Mazda 2 Sedan

Performa tersebut disalurkan dengan transmisi SkyActiv Drive 6-percepatan otomatis yang juga bisa dioperasikan dengan mode manual.

Performa mesin tersebut cukup terasa baik dalam putaran rendah maupun putaran menengah. Bahkan, dalam keadaan stop-and-go, pengemudi tidak butuh usaha lebih agar mobil bisa bergerak sesuai keinginan.

Terlebih mobil ini sudah dilengkapi fitur i-stop, yang akan bekerja ketika mobil berhenti. Sehingga penggunaan bahan bakar bisa lebih efisien.

Saat menyalip, pengemudi juga cukup menekan gas sedikit lebih dalam, karena mesin langsung memberikan respon.

Apabila pengemudi membutuhkan tenaga yang lebih besar, bisa mengaktifkan mode berkendara sport. Seketika tarikan yang cukup ganas mulai terasa sejak rpm berada di angka 3.000 rpm.

Mazda 2 SedanKompas.com/ApridaMegaNanda Mazda 2 Sedan

Tak hanya itu, pengemudi juga bisa mengaktifkan fitur cruise control saat berkendara di jalan tol, dengan begitu pengemudi bisa mengistirahatkan kakinya sejenak.

Menyoal handling, Mazda 2 sedan tak ada gejala limbung ketika menikung dengan kecepatan yang cukup tinggi. Menyandang status mobil sedan, bantingan suspensinya juga terbilang sangat nyaman.

Baca juga: Coba Lakukan Hal Ini jika Merasa Konsumsi BBM Mobil Jadi Boros

Mazda 2 sedan bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan kenyamanan. Meski mobil ini bukan sedang berperforma tinggi dengan akselerasi yang paling responsif. Namun sebagai mobil harian, Mazda 2 sedan memiliki teknologi yang cukup menjanjikan sekaligus konsumsi bahan bakar yang hemat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com