Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Intip Spesifikasi Nissan Leaf, Hatchback Listrik Harga Rp 600 Jutaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo saat ini tengah mempercepat elektrifikasi di Indonesia. Salah satu yang dilakukan untuk mendukung hal tersebut adalah dikeluarkannya Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022, Selasa (13/9/2022).

Inpres tersebut mengatur tentang penggunaan kendaraan motor listrik berbasis baterai sebagai kendaraan dinas operasional dan atau kendaraan perseorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah.

Turut mendukung hal tersebut, sejumlah ATPM juga telah mengeluarkan sejumlah mobil hybrid dan listrik untuk masyarakat yang ingin beralih dari kendaraan konvensional.

Saat ini ada beberapa pilihan mobil listrik dengan harga mulai dari Rp 200 jutaan sampai dengan Rp 1 miliar. Salah satunya adalah hatchback listrik milik Nisaan, Leaf.

Sebelumnya, mobil listrik ini diperkenalkan di Indonesia dalam ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 di Balai Kartini, Jakarta.

Dari sisi dapur pacu, Nissan Leaf mengusung motor listrik dengan tenaga maksimum hingga 110 kW atau setara dengan 150 ps (148 Tk), dan torsi maksimum 320 Nm.

Baterai yang digunakan ialah baterai lithium-ion 40 kWh. Dalam sekali pengisian daya, mobil ini diklaim dapat menempuh jarak sejauh 311 km.

Waktu pengisian baterainya adalah 12 jam hingga 15 jam, dengan pengisi daya portable 3,3 kWh. Atau, dengan menggunakan home charger AC 7,4 kWh, dengan waktu pengisian daya baterai hingga penuh dalam waktu 5 jam sampai 7 jam.

Untuk akselerasi, Nissan Leaf dapat menempuh kecepatan dari 0-100 kpj hanya dalam waktu 7,9 detik. Kecepatan maksimalnya adalah 155 kpj.

Dari sisi keselamatan, mobil ini sudah disematkan Forward Collision Warning (FCW), Forward Emergency Braking (FEB), Intelligent Trace Control (ITC), Vehicle Dynamic Control (VDC), Hill Start Assist (HSA), Dual SRS Airbag, Side Airbag dan Curtain Airbag.

Sejumlah fitur keselamatan lainnya, termasuk Anti-Lock Braking System (ABS) with Brake Assist (BA), Intelligent Around View Monitor (I-AVM) with Moving Object Detection (MOD), Driver Attention Alert (DAA), serta Electronic Parking Brake (E-PKB).

Nissan Leaf juga dilengkapi dengan e-Pedal. Ini memungkinkan pengemudi untuk berkendara, akselerasi, deselerasi, dan berhenti dengan menggunakan satu pedal, hanya dengan menambah atau mengurangi tekanan pada pedal gas.

Sebagai informasi, Nissan Leaf 2022 dibanderol mulai Rp 600 jutaan. Berikut ini rincian harganya:

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/15/124200415/intip-spesifikasi-nissan-leaf-hatchback-listrik-harga-rp-600-jutaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke