Apakah Indikator Mata Kucing pada Aki Dapat Dipercaya?

Kompas.com - 10/09/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aki atau baterai mobil dilengkapi dengan indikator menyerupai mata kucing. Indikator tersebut menginformasikan kepada pengguna tentang kondisi aki, apakah membutuhkan untuk diisi daya, rusak atau bagus.

Instrumen indikator tersebut berupa kombinasi warna biru bila kondisi aki bagus, putih bila perlu diisi daya, dan merah bila kendala memerlukan bantuan mekanik handal.

Namun, muncul anggapan dari masyarakat bahwa indikator tersebut tidak akurat sehingga memerlukan pemeriksaan dengan alat khusus. Lantas, apakah benar anggapan tersebut?

Baca juga: Cara Berkendara Seperti Ini Bisa Bikin Aki Mobil Jadi Awet

poisisi tepat untuk mengetahui kepala akiSuprawitno poisisi tepat untuk mengetahui kepala aki

Mekanik Shop & Drive Pondok Bambu Alfiyan Iqbal mengatakan, indikator pada aki bisa jadi patokan pengendara walau tidak sepenuhnya akurat.

“Buat patokan pengendara sih bisa, cuma biar akurat memang butuh hidrometer untuk mengecek pada masing-masing sel, karena indikator cuma mewakili 1 sel saja, sedangkan aki ada 6 sel,” ucap Alfiyan kepada Kompas.com, Jumat (9/9/2022).

Dia mengatakan beberapa kasus ada kerusakan sel pada bagian yang tidak dilengkapi dengan indikator, itu indikator tidak menunjukkan terjadi kerusakan tapi ketika diukur voltase di bawah spesifikasi.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Aki Bebas Perawatan Tidak Perlu Dirawat Sama Sekali?

Aki maintenance free (MF) Dicky Aditya Wijaya Aki maintenance free (MF)

“Jadi kalau ada sel rusak yang tidak pas di posisi indikator tersebut, kerusakan sel tidak akan terdeteksi, nah itu yang menyebabkan indikator mata kucing tidak akurat,” ucap Alfiyan.

Dia juga mengatakan setiap satu sel aki yang sehat dapat menghasilkan sekitar 2 volt beda potensial, jadi ketika ada satu sel saja rusak maka voltase aki menjadi sekitar 10 volt.

“Aki yang beda potensialnya hanya sekitar 10 volt maka cenderung tidak kuat untuk memenuhi kebutuhan perangkat elektronik di mobil, terutama saat awal start,” ucap Alfiyan.

Baca juga: Bagus Mana, Aki Bebas Perawatan atau Aki Basah?

Aki kering merk soliteDicky Aditya Wijaya Aki kering merk solite

Jadi, indikator ini sebenarnya cukup akurat, hanya saja setiap sel pada aki terpisah. Hal itu membuat setiap sel memiliki kondisi masing-masing. Sementara indikator tersebut hanya mampu mendeteksi satu sel sebagai sampel, jadi kurang bisa dipercaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.