Kompas.com - 10/09/2022, 08:22 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Ragam aki atau baterai mobil di pasaran cukup banyak. Mulai dari berbagai merek, tipe perawatan hingga kapasitas yang ditawarkan.

Salah satu yang cukup tenar adalah jenis aki bebas perawatan yang terbagi lagi dalam dua tipe. Misalnya GS Astra yang punya pilihan aki mobil bebas perawatan, yakni maintenance free (MF) dan Calcium.

Lantas apa bedanya?

Baca juga: Cara Berkendara Seperti Ini Bisa Bikin Aki Mobil Jadi Awet

poisisi tepat untuk mengetahui kepala akiSuprawitno poisisi tepat untuk mengetahui kepala aki

Kepala Toko Shop & Drive Penggaron Suprawitno mengatakan, aki MF dan Calcium memiliki kesamaan pada sisi perawatan. Namun usia dan kapasitas aki Calcium lebih unggul meskipun punya dimensi yang sama karena perbedaan bahan yang digunakan.

Aki calcium bisa dibilang hampir sama dengan aki MF (maintenance free) cuma sel akinya khusus sehingga bisa menghasilkan daya yang lebih besar dengan dimensi yang sama,” ucap Suprawitno kepada Kompas.com, Jumat (8/9/2022).

Dia mengatakan biasanya aki membutuhkan dimensi yang lebih besar untuk memperoleh kapasitas arus listrik lebih besar. Namun, karena aki Calcium memiliki desain serta sel yang terbuat dari bahan khusus bisa membuat kapasitasnya lebih besar.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Aki Bebas Perawatan Tidak Perlu Dirawat Sama Sekali?

Aki maintenance free (MF) Dicky Aditya Wijaya Aki maintenance free (MF)

“Aki yang sudah beredar memiliki dimensi yang sama, aki GS Calcium berkapasitas 55 Ah, sedangkan aki GS MF hanya berkapasitas 45 Ah, untuk keawetannya tentu bisa dikatakan Calcium lebih unggul,” ucap Suprawitno.

Dia mengatakan dari bahan khusus yang digunakan, GS Calcium akan memiliki usia lebih panjang. Ditinjau dari kapasitasnya yang lebih besar akan mempersempit peluang aki mengalami drop karena kekurangan daya.

Jadi, antara aki bebas perawatan biasa dan GS Calcium memang terdapat perbedaan yang cukup signifikan, jadi tidak heran jika terdapat selisih harga jual yang cukup tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.