Kompas.com - 11/09/2022, 15:41 WIB
|

KLATEN, KOMPAS.com - Aki atau baterai pada mobil perlu dirawat dengan melakukan pemeriksaan secara rutin agar terhindar dari penyakit.

Penyakit aki di mobil bisa sangat beragam, salah satunya aki mengalami kembung. Hal tersebut tentu saja membuat siapa saja yang melihat merasa khawatir, pasalnya bodi aki tampak mengembung seperti mau meledak.

Kondisi seperti itu bisa menimpa semua jenis aki, baik yang bebas perawatan atau aki basah.
Lantas, apa penyebab aki mobil kembung?

Baca juga: Pantau Kondisi Aki dari Indikator Mata Kucing

poisisi tepat untuk mengetahui kepala akiSuprawitno poisisi tepat untuk mengetahui kepala aki

Pemilik One Aki Ceper Wawan, mengatakan aki bisa mengalami kembung karena beberapa hal baik faktor eksternal mau pun internal.

“Aki bisa kembung, biasanya disebabkan oleh pengisian daya yang berlebih dari dinamo amper, batas standar tegangan aki 12,7 volt sampai 14,8 volt DC,” ucap Wawan kepada Kompas.com, Minggu (11/9/2022)

Dia mengatakan bila pengisian daya melebihi batas akan membuat aki mudah menggembung. Maka dari itu, aki perlu diperiksa secara rutin untuk menghindari pengisian yang berlebih.

Baca juga: Apakah Indikator Mata Kucing pada Aki Dapat Dipercaya?

Cek kondisi aki mobilCakra Motor 11 Cek kondisi aki mobil

“Dinamo amper atau alternator yang sudah tidak sesuai spesifikasi perlu segera diperbaiki agar aki tidak menjadi korban, atau menggembung,” ucap Wawan.

Dia juga mengatakan aki menggembung bisa disebabkan oleh faktor internal, yaitu dari tutup akinya.

“Lubang atau ventilasi uap air aki yang ada di tutupnya bisa tersumbat, hal itu pasti akan membuat aki menggembung karena uap tidak bisa keluar, bodi aki kan terbuat dari bahan yang elastis,” ucap Wawan.

Jadi, aki memang bisa menggembung jika terjadi kendala pada akinya atau faktor penunjangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.