Akhir Pekan, Kendaraan Pribadi Dilarang Lewat Kawasan Tebet Eco Park

Kompas.com - 11/09/2022, 08:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap akhir pekan, kawasan Tebet Eco Park yang ditetapkan sebagai area low emission zone (LEZ) atau kawasan rendah emisi, tidak bisa dilintas oleh sembarangan kendaraan.

Selain akhir pekan, kebijakan ini juga diberlakukan pada hari libur nasional. Kendaraan pribadi selain milik warga setempat dilarang melintasi Jalan Tebet Timur Raya dan Jalan Tebet Barat Raya.

Kebijakan ini berlaku setiap hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional, mulai dari pukul 07.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Baca juga: Jusuf Hamka Borong 35 Unit Mobil Listrik Wuling Air ev

Selama diberlakukannya kawasan rendah emisi (KRE) di kawasan Tebet Eco Park, yang boleh melintas adalah warga berstiker khusus KRE, angkutan umum, dan sepeda.

Pengunjung disarankan untuk menggunakan kendaraan umum jika ingin berkunjung di waktu-waktu tersebut.

Jika menggunakan KRL, pengunjung bisa turun di Stasiun Tebet, keluar di Plaza Barat, kemudian dilanjutkan dengan naik Mikrotrans Jak-18 jurusan stasiun Kalibata-Kuningan.

Atau turun di Stasiun Cawang, dilanjutkan dengan berjalan kaki atau bersepeda dengan jarak kurang lebih 500 meter, atau naik Jak 43 TEP (Stasiun Cawang - Tebet Eco Park).

Sejumlah petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berjaga di beberapa persimpangan jalan masuk ke kawasan Tebet Eco Park pada Sabtu (18/6/2022). KOMPAS.com/Muhammad Isa Bustomi Sejumlah petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berjaga di beberapa persimpangan jalan masuk ke kawasan Tebet Eco Park pada Sabtu (18/6/2022).

Untuk TransJakarta, pengunjung bisa naik di koridor 7D, 9, 9A, 9C, atau 13F. Lalu, turun di Halte Tebet Eco Park, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki atau bersepeda dengan jarak kira-kira 300 meter dari area Tebet Eco Park.

Baca juga: Toyota Urban Cruiser Hyryder Dibanderol Rp 300 Jutaan

Jika membawa kendaraan, ada sejumlah area parkir yang tersedia. Dilansir dari laman Instagram @tebetecopark, berikut ini lokasi parkir pengunjung Tebet Eco Park:

  • Sarana Jaya. Kapasitas 80 mobil, 432 motor, 5 bus
  • Gedung Graha Pratama. Kapasitas 100 mobil, 150 motor
  • Gedung Wisam Pede. Kapasitas 100 mobil, 150 motor
  • SPBU 31-128. Kapasitas 20 mobil, 50 motor
  • SMPN 73. Kapasitas 50 mobil, 200 motor

Sebagai informasi, kawasan rendah emisi di kawasan Tebet Eco Park telah diberlakukan sejak 15 Agustus 2022 yang lalu. Skema ini diberlakukan dengan tujuan untuk mengurangi emisi yang ditimbulkan kendaraan bermotor, dengan cara membatasi mobilitasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.