Kompas.com - 04/09/2022, 10:12 WIB
|

KLATEN, KOMPAS.com - Lama tak digunakan, aki atau baterai mobil bis melemah. Hal itu ditandai dengan tidak mampunya aki memutar motor starter untuk menyalakan mesin.

Hal itu dianggap sebagian orang karena air aki yang membusuk. Biasanya, orang akan mengganti aki baru atau mendatangi toko aki untuk dicoba diisi dayanya.

Lantas, benarkah anggapan air aki bisa busuk?

Baca juga: Ini Bedanya Air Aki Botol Merah dan Biru

Ilustrasi tambah air akiSuparna Ilustrasi tambah air aki

Pemilik One Aki Ceper Wawan, mengatakan istilah air aki membusuk hanya kiasan saja, yang sebenarnya terjadi adalah menurunnya angka massa jenis air aki.

“Bisa saja, tapi itu hanya kiasan, sebenarnya yang terjadi ketika aki lama tidak dipakai adalah berubahnya massa jenis air aki,” ucap Wawan kepada Kompas.com, Minggu (4/9/2022).

Wawan menjelaskan, massa jenis air aku ada spesifikasinya, jika terlalu rendah akan membuat aki tidak kuat untuk menyalakan mesin mobil.

Baca juga: Kenali Risiko Sembarang Isi Air Aki

Isi air aki mobilKompas.com Isi air aki mobil

“Standar berat jenis air aki kan kisaran 1,270-1,300, jika kurang maka aki menjadi tidak mampu untuk menyalakan mesin, mungkin itu yang disebut air aki basi,” ucap Wawan.

Jadi, aki yang lama tidak dipakai bisa dikatakan cairannya basi atau mengalami penurunan massa jenisnya.

Hal ini bisa diatasi dengan mencoba mengisi daya, jika kapasitasnya bisa naik maka aki masih bisa digunakan kembali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.