Kompas.com - 06/09/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP San Marino 2022 di Sirkuit Misano, Italia, menjadi balapan terakhir bagi Andrea Dovizioso di MotoGP. Pebalap tuan rumah ini memutuskan untuk pensiun.

Meskipun hanya bisa finis di posisi ke-12, tapi Dovizioso mengaku sangat senang. Apalagi, ketika dia mendapatkan sambutan hangat dari seluruh penggemarnya di Italia.

Baca juga: Grazie Andrea Dovizioso, 3 Kali Nyaris Juara Dunia MotoGP

"Akhir pekan ini sangat gila. Saya sangat tidak menyangka banyak orang akan mendukung saya dengan cara yang gila. Saya menangis semalam (Sabtu) melihat video persembahan dan lainnya," ujar Dovizioso, dikutip dari Crash.net, Selasa (6/9/2022).

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)RONNY HARTMANN Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)

Dovizioso menambahkan, dirinya sangat senang dan momen tersebut tidak akan bisa lebih baik lagi. Keputusannya untuk berhenti di Misano sudah tepat dan dia pun berterima kasih pada Yamaha dan timnya.

"Semalam, tim saya melakukan sesuatu dengan teman-teman saya dan membuat video dari pebalap lainnya yang sangat emosional. Hal itu normal ketika Anda tidak bersaing untuk juara dunia, karena Anda tidak begitu penting sepanjang musim tersebut," kata Dovizioso.

Baca juga: Balapan Terakhir, Ini Target Dovizioso di GP Misano

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)VLADIMIR SIMICEK Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)

"Tapi, ketika Anda memutuskan untuk pensiun, semua orang akan melihat Anda dengan berbeda, karena mereka mulai benar-benar fokus pada apa yang Anda lakukan dan selanjutnya. Tapi, saya tidak menyangka akan sebesar itu," ujarnya.

Dengan Dovizioso pensiun, maka berakhir satu era MotoGP. Salah satu era yang disebut banyak orang sebagai era keemasan, di mana terdapat Casey Stoner, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, dan Valentino Rossi, bersaing dalam satu musim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.