Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Motor Listrik yang Dijual di Indonesia, Jadi Alternatif Saat Harga BBM Naik

Kompas.com - 05/09/2022, 12:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor listrik bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menghadapi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite, Solar, dan Pertamax, yang dimulai sejak Sabtu (3/9/2022).

Melihat dari sisi kehematan berkendara, biaya harian motor listrik terbilang lebih murah. Pengisian bahan bakarnya digantikan dengan pengisian daya atau charging, layaknya pengisian daya pada alat elektronik.

Pengisian daya pada motor listrik umumnya memakan waktu 3 hingga 6 jam, tergantung dari pemakaiannya.

Baca juga: Pertamina Mulai Bisnis Swap Baterai Motor Listrik

Ada juga penyedia baterai motor listrik yang menyediakan motor dengan baterai lepas-pasang. Biayanya ada di kisaran Rp 300.000 per bulan, di mana pemilik bisa bebas melakukan tukar baterai kapanpun selama masa berlangganan tersebut.

Mengingat lebih efisiennya penggunaan harian motor listrik, ini bisa jadi pertimbangan untuk pemilik kendaraan roda dua yang ingin beralih ke motor listrik.

Saat ini, ada sejumlah motor listrik yang sudah resmi meluncur dan dijual di Indonesia. Harga dan fitur-fiturnya juga beragam. Berikut ini daftar motor listrik yang ada di Indonesia.

1. Gesits G1

Motor listrik Gesits G1 di PEVS 2022KOMPAS.com/Serafina Ophelia Motor listrik Gesits G1 di PEVS 2022

Motor listrik Gesits G1 sebelumnya resmi meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, tepatnya pada 25 April 2019.

Tampilannya serupa dengan motor matik konvensional pada umumnya. Memiliki eksterior yang kompak dan tidak terlihat futuristik, motor ini juga sudah dilengkapi dengan beragam fitur canggih.

Cara pengisian dayanya terbilang cukup mudah, menggunakan kabel atau diisi daya baterainya secara terpisah. Baterainya bukan merupakan baterai tanam, sehingga pemilik bisa mengisi daya baterainya saja terpisah dari motornya.

Saat ini, harga motor listrik Gesits G1 dibanderol di angka Rp 28 jutaan.

2. Alva One

Motor listrik Alva One dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Motor ini jadi salah satu produk lokal yang bakal meramaikan pasar motor tahun ini.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Alva One dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Motor ini jadi salah satu produk lokal yang bakal meramaikan pasar motor tahun ini.

Illectra Motor Group (IMG) meluncurkan sepeda motor listrik pertamanya, Alva One, pada Kamis (11/8/2022) yang lalu. 

Memiliki mode berkendara lengkap agar performa motor efektif sesuai kebutuhan, pemilik Alva One nantinya bisa memilih antara mode ecocruise, dan e-Sport. Tiap mode berkendara membatasi kecepatan maksimumnya.

Harga motor listrik Alva One adalah Rp 34,9 jutaan on the road Jakarta. Pihak IMG sebelumnya mengatakan bahwa pengiriman unit ke konsumen akan dilakukan pada bulan November mendatang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com