Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Revvo 89 Jadi Bensin Paling Murah, Amankah Ditenggak Mobil Modern? | Harga Pertamax Naik, Isi BBM Penuh Rush Rp 652.500, Creta Rp 725.000

Kompas.com - 05/09/2022, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

 JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi menaikkan harga bahan bakar subsidi dan non-subsidi per 3 September 2022. Pertalite yang mulanya Rp 7.650 menjadi Rp 10.000.

Hal itu membuat sebagian orang berpikir mencari alternatif lain. Salah satu bahan bakar bensin yang lebih murah dari Pertalite adalah Revvo 89 yang dijual di SPBU Vivo.

Sesuai nomor pada jenisnya, bahan bakar tersebut memiliki RON 89, lebih rendah dari Pertalite yang memiliki RON 90 yang dipasarkan sebesar Rp 8.900 per liternya. Lantas, apakah bensin tersebut aman digunakan untuk mesin mobil-mobil modern?

Selain itu, kenaikan harga jual Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dan Pertamax yang resmi berlaku mulai Sabtu, 3 September 2022 pukul 14.30 WIB, sedikit banyak akan mempengaruhi belanja harian.

Satu diantaranya, konsumsi untuk isi bensin kendaraan bermotor secara penuh pada jenis BBM Pertamax, khususnya untuk mobil pribadi yang rata-rata naik 13,5 persen dibandingkan bulan sebelumnya atau pra-kenaikan.

Sebab, kini harga jual Pertalite jadi Rp 10.000 per liter, Solar subsidi Rp 6.800 per liter, dan Pertamax sebagai bahan bakar dengan roktan (RON) 92 ialah Rp 14.500 per liter dari sebelumnya 12.500 per liter.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 4 September 2022 :

1. Revvo 89 Jadi Bensin Paling Murah, Amankah Ditenggak Mobil Modern? 

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Hardi Wibowo mengatakan, pihaknya belum pernah menggunakan bahan bakar tersebut, tapi jika berkaca pada Pertalite maka ada efek samping yang harus ditanggung mesin modern.

“Jika berkaca pada Pertalite, efek sampingnya mesin ngelitik, dan oli lebih cepat hitam lalu dampak ke performa juga kurang responsif,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Minggu (4/9/2022).

Sementara itu Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, untuk mobil keluaran lama masih dapat ditoleransi, tapi untuk mobil 2014 ke atas harus menggunakan RON 92 ke atas.

Baca juga: Revvo 89 Jadi Bensin Paling Murah, Amankah Ditenggak Mobil Modern?

2. Harga Pertamax Naik, Isi BBM Penuh Rush Rp 652.500, Creta Rp 725.000

Ilustrasi SPBU Pertamina saat permintaan meningkat.

Dok Pertamina Ilustrasi SPBU Pertamina saat permintaan meningkat.

"Kini pemerintah membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan terakhir pemerintah yaitu mengalihkan subsidi BBM sehingga harga beberapa jenis BBM akan mengalami penyesuaian," kata Presiden RI Joko Widodo, dalam jumpa pers di Istana Merdeka, Sabtu.

Guna melihat secara langsung dampak kenaikan BBM terhadap konsumsi BBM harian pada mobil, Kompas.com membuat simulasinya.

Dalam kesempatan ini, kendaraan yang digunakan berjenis Low Sport Utility Vehicle (LSUV) dengan pengisian BBM jenis Pertamax.

Baca juga: Harga Pertamax Naik, Isi BBM Penuh Rush Rp 652.500, Creta Rp 725.000

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com