Kasus Beli PCX Tidak Bisa Tunai, kenapa Sales Lebih Suka Jual Motor Secara Kredit?

Kompas.com - 02/09/2022, 17:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini beredar kabar seorang konsumen yang tidak bisa membeli Honda PCX secara tunai, tapi diarahkan untuk membeli secara kredit oleh salah satu tenaga penjual diler Honda.

Oknum sales itu tampak memanfaatkan momentum sulitnya suplai motor di tengah banyaknya permintaan konsumen.

Kejadian ini langsung tersebar di media sosial dan menjadi buah bibir masyarakat. Meski begitu fenomena sales yang mengarahkan beli motor secara tunai, sebenarnya sudah menjadi rahasia umum.

Baca juga: Ingin Beli Motor Honda Dipaksa Kredit Oleh Sales, Adukan ke Nomor Ini

Ilustrasi booth Honda di GIIAS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi booth Honda di GIIAS 2022

Salah satu tenaga penjual Honda di Jakarta berinisial D, mengatakan, pramuniaga pada dasarnya lebih suka pembelian motor secara kredit.

“Iya soalnya sales bisa dapat insentif dari leasing. Sementara leasing bisa dapat nasabah baru dari sales,” ujar D yang identitasnya minta dirahasiakan, kepada Kompas.com (2/9/2022).

“Jadi kita sama-sama untung sebetulnya, makanya sales lebih suka jualan kredit daripada pembelian tunai,” kata dia.

Baca juga: Menteri ESDM Ajak Warga Bali Konversi Motor Bensin Jadi Listrik

Baca juga: Pengemudi Merokok Marah Saat Ditegur, Ketahui Aturannya

Tanggapan AHM

Menanggapi kabar ada konsumen yang ingin membeli motor tunai ditolak dealer disanggah oleh GM Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM), Ahmad Muhibbuddin. Dia mengatakan AHM tidak pernah membedakan konsumen, khususnya yang membeli secara tunai

"Dari AHM tidak ada kebijakan yang membedakan konsumen. Setiap konsumen punya hak untuk memilih, membeli secara kredit atau cash (tunai). Dealer harus bantu konsumen sesuai preferensi cara membeli motor barunya, cash atau kredit," kata Muhib kepada Kompas.com, (2/9/2022).

Muhib mengatakan, konsumen yang merasa dirugikan karena tidak dibolehkan membeli unit secara tunai dapat melaporkan hal tersebut ke nomor pengaduan masyarakat.

Jika ada hal yang ingin disampaikan terkaait produk dan layanan, bisa hubungi Layanan Honda Customer Care Center.

Lebih lengkapnya yaitu Hotline service 1500989 (24 jam), Facebook Astra Honda Care, Twitter @astrahondacare, atau menyapa Sasha (Sahabat Astra Honda) di WA/LINE 08119500989," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.