Kompas.com - 01/09/2022, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya memberikan penyegaran pada salah satu model andalannya, yaitu Gran Max. Mobil ini banyak diminati juga di luar negeri.

Gran Max sekarang mendapatkan mesin baru dengan kode 2NR-VE. Mesin tersebut juga dibenamkan pada dapur pacu Xenia dan Terios.

Baca juga: Alasan Daihatsu Mengabaikan Ubahan Eksterior Gran Max Terbaru

Meski fitur yang ditawarkan cukup sederhana, tapi Gran Max yang hadir dalam bentuk pickup, minibus, dan blind van, banyak diminati di luar negeri hingga diekspor ke berbagai negara.

Daihatsu Gran Max terbaru versi pickupKompas.com/Donny Daihatsu Gran Max terbaru versi pickup

Marketing Director and Corporate Planning and Communication Director ADM Sri Agung Handayani, mengatakan, Gran Max sudah diekspor ke Jepang, Malaysia, dan Brunei Darrussalam.

Ada juga yang menggunakan merek lain, seperti Toyota TownAce, Toyota LiteAce, dan Mazda Bongo.

"Total produksi kita dari sekian 247.000 unit, ekspor kita kurang lebih ada 70.000 unit lebih. Rata-rata untuk Gran Max itu ekspornya sekitar 1.800 unit sebulan," ujar Agung, saat peluncuran Gran Max, Selasa (30/8/2022).

Baca juga: Menyingkap Ubahan pada Daihatsu Gran Max Terbaru

Agung menambahkan, jika ditotal, maka persentasi ekspornya mencapai 25 persen. Dari 70.000 unit tersebut, sekitar 10.000 unit adalah Gran Max.

Mesin Daihatsu Gran Max 2022Kompas.com/Donny Mesin Daihatsu Gran Max 2022

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division ADM, mengatakan, untuk Gran Max yang diekspor, secara komponen utama masih sama. Hanya beberapa komponennya yang berbeda.

"Misalnya, catalytic converter dan program ECU. Sebab, kita juga menyesuaikan masing-masing di kondisi negara, regulasi dan infrastrukturnya seperti apa. Contohnya Jepang, standarnya Euro 6, di sana RON 90 dan 91 nyaris tidak ada," kata Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.