Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Covid-19 dan Krisis Cip, Produksi Kendaraan Toyota Turun secara Global

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Crop mengumumkan penurunan produksi kendaraannya secara global sebesar 8,6 persen year on year (yoy).

Dilandir dari laman Inquirer.net, Kamis (1/9/2022), penurunan produksi kendaraan ini disebabkan oleh wabah Covid-19, cuaca buruk di Jepang, serta kendala pasokan cip semikonduktor yang secara terus-menerus mengganggu produksi.

Berdasarkan data penjualan, pada bulan Juli Toyota hanya mampu memproduksi 706.547 unit kendaraan. Jumlah tersebut tidak memenuhi target yang sebelumnya berada di angka 800.000 unit.

Sementara itu, produksi dalam empat bulan pertama tahun fiskal berjalan yang dimulai pada bulan April telah turun sebanyak 10,3 persen dari rencana awal.

Produsen otomotif Jepang itu juga menyampaikan bahwa produksi dalam negeri telah jatuh 28,2 persen, melebihi rekor produksi luar negeri pada bulan lalu.

Sementara untuk di luar negeri mengalami kenaikan 4,5 persen, di dorong pemulihan yang kuat di Eropa, China dan seluruh Asia.

Namun, adanya pelemahan yang berkelanjutan dalam kinerja akhir-akhir ini menimbulkan kekhawatiran bagi Toyota. Pasalnya, pihak Toyota telah menargetkan produksi tahunan sebesar 9,7 juta kendaraan.

Untuk itu, Toyota mengatakan bahwa pihaknya akan mempertahankan target produksi tahunan hingga November. Diperkirakan produksi September akan pulih menjadi sekitar 850.000 kendaraan.

“Pada Agustus tahun ini, Toyota berencana untuk memproduksi sekitar 700.000 kendaraan, dan mengingat produksinya sekitar 530.000 pada Agustus tahun lalu, saya pikir situasinya mulai membaik,” kata Seiji Sugiura, analis senior di Tokai Tokyo Research Institute.

“Dalam hal pemulihan dari situasi di paruh pertama tahun ini, saya percaya bahwa pada paruh kedua, perusahaan mungkin akan menetapkan tingkat produksi bulanan pada 800.000 atau 850.000 unit per bulan. Jika produksi melebihi 800.000 unit dalam satu bulan, itu akan menjadi rekor,” lanjutnya.

Sebagai informasi, untuk pasar global Toyota telah memproduksi beberapa model, diantaranya Land Cruiser, Alphard, hingga Toyota Camry.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/01/142100715/covid-19-dan-krisis-cip-produksi-kendaraan-toyota-turun-secara-global

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke