Kompas.com - 01/09/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Baterai atau aki pada kendaraan memiliki batas usia dalam pemakaiannya. Hal ini tergantung pada pemakaian dan perawatan yang dilakukan oleh sang pemilik namun umumnya mencapai 1 sampai 1,5 tahun.

Sebelum komponen penyimpanan energi listrik itu benar-benar tidak bisa digunakan, biasanya akan muncul gejala-gejala yang tidak beres. Salah satu nya adalah aki sudah tidak kuat lagi digunakan untuk menyalakan mesin.

Saat aki mobil sudah tekor, tak sedikit pemilik kendaraan yang memilih untuk membeli aki yang baru kemudian memasangnya sendiri di rumah, prosesnya pun cukup mudah untuk dilakukan.

Baca juga: Update Harga BBM Pertamina, Shell, Vivo, dan BP Per September 2022

Namun jika melakukan penggantian aki secara mandiri di rumah, ada efek yang terjadi pada mobil. Setidaknya bisa membuat memori audio dan jam di kabin harus disetel ulang.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi. Menurutnya, bagi beberapa mobil modern dengan teknologi yang canggih jika akinya diganti secara mandiri perlu dilakukan inisialisasi kembali.

“Memang mobil-mobil modern banyak menggunakan ECU sehingga ada beberapa model perlu dilakukan inisialisasi kembali, tapi itu tidak bisa digeneralisir. Banyak juga model yang tidak masalah (ganti aki secara mandiri) hanya perlu diatur kembali memori audio, dam dan sebagainya,” ucap Didi kepada Kompas.com, Kamis (1/9/2022).

Ilustrasi perawatan aki pada mobilpersonal.neacelukens.com Ilustrasi perawatan aki pada mobil

Didi menambahkan, hal terpenting yang harus diperhatikan saat mengganti aki secara mandiri di rumah adalah saat melepas dan memasang.

Saat melepas kabel, pastikan kabel negatif (-) yang dilepas terlebih dahulu, baru setelah itu kutub positif (+). Sementara saat memasang pastikan kabel positif (+) terlebih dahulu baru negatif (-), jangan sampai terbalik.

“Jika tertukar urutannya (lebih dulu melepas kabel positif atau memasang kabel negatif), memang dampaknya tidak dirasakan secara langsung. Namun lebih kepada keawetan komponen elektronik. Asalkan tidak terbalik, negatif dipasang positif. Ini bisa merusak ECU mobil,” kata dia.

Bagi yang sedang berencana membeli aki mobil dan mencari daftar harga aki mobil, tim redaksi sudah menyiapkan untuk Anda. Berikut harga aki mobil per September 2022.

Baca juga: Bahaya Paksa Gunakan Motor saat Ban Kempis

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.