Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memori Aksi Menegangkan Bo Bendsneyder Selamat dari Highside

Kompas.com - 31/08/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seri ke-14 MotoGP 2022 berlangsung akhir pekan ini di GP San Marino, Italia. Balapan diprediksi berlangsung ketat, apalagi Sirkuit Misano merupakan salah satu sirkuit legendaris di Eropa.

Menyambut GP San Marino 2022, MotoGP menampilkan cuplikan-cuplikan dari aksi para pebalap pada musim lalu. Salah satunya aksi menegangkan penyelamatan pebalap Pertamina Mandalika SAG Bo Bendsneyder.

Baca juga: Ini Bedanya Kendaraan Berhenti dan Parkir di Jalan Raya

Bo saat itu hampir terpelanting dari atas motor. Namun Mas Bo, panggilannya dari penggemar asal Indonesia itu, dengan sigap mengoreksi badan hingga akhirnya berdiri di samping motor dalam keadaan motor jalan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Aksinya kala itu langsung mendapat sorotan karena dia bisa melakukan penyelamatan yang luar biasa. Meski tercecer, Mas Bo yang masih ada darah turunan Indonesia itu akhirnya finis di posisi ke-12.

Highside merupakan istilah yang merujuk pada jenis kecelakaan yang membuat pengendara terpental dari motor dan menghantam permukaan dengan keras. Highside berbahaya karena biasanya pebalap akan jatuh.

Highside terjadi akibat pengendara atau pebalap kehilangan kendali pada roda belakang motor saat menikung. Hal ini bisa terjadi karena rem belakang yang terkunci atau karena ban yang kehilangan traksi saat akselerasi.

Pebalap Pertamina Mandalika SAG Team, Bo Bendsneyder, saat sesi tesRafa Marrodan Pebalap Pertamina Mandalika SAG Team, Bo Bendsneyder, saat sesi tes

Baca juga: KTM Factory Racing Bakal Terapkan Teknologi F1 pada MotoGP 2023

Pemicu highside terjadi karena pengereman yang salah ataupun ban yang kehilangan daya cengkeram.

Saat terjadi highside, roda belakang biasanya tidak akan tetap lurus sejalan dengan roda depan, melainkan berlawanan ke sisi yang lain. Kondisi inilah yang bisa membuat pengendara terpental ke udara.

Hampir semua pebalap mengalami highside, dan highside yang parah akan mencelakai pebalap. Joan Mir merupakan salah satu pebalap yang saat ini cedera dan mesti absen di GP San Marino karena mengalami highside.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.