Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KTT G20 di Bali Jadi Momentum Konversi Mobil Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November 2022 bakal menjadi momentum gerakan konversi kendaraan listrik di Indonesia.

Hal inilah yang disampaikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat meninjau kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Nusa Dua, Bali.

"Jadi mulai dari G20 ini menjadi awal dari proses konversi mobil listrik di Indonesia,” ujar Ma’ruf Amin, dilansir dari Antara, Selasa (30/8/2022).

“KTT G20, selain untuk pertemuan internasional tapi kita juga mulai juga hal yang baru untuk mobil listrik dan kendaraan motor listrik," kata dia.

Wapres juga mengatakan, penggunaan mobil listrik menjadi awal untuk menanggulangi masalah dalam harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Saya tadi menyaksikan di stasiun pengisian mobil listrik dan semuanya diatur sangat canggih dan otomatis, (mengisi) mobil hanya dalam 15 menit sudah terisi 100 persen jadi cepat sekali," ucap Ma’ruf Amin.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan, pemerintah serius untuk mulai mengubah penggunaan kendaraan dengan BBM menjadi kendaraan listrik.

"Sebagaimana sudah disampaikan Bapak Wapres, nanti APBN akan mengarah pada penggunaan mobil, motor, bus listrik agar Jakarta atau Indonesia udaranya tambah baik,” kata Luhut, pada kesempatan yang sama.

“Dan juga itu akan mengurangi impor energi kita sehingga dengan begitu kita tidak akan tergantung lagi kepada luar terlalu banyak," ujar dia.

Luhut juga menambahkan, Presiden Jokowi sudah menginstruksikan konversi kendaraan listrik mulai tahun ini hingga 2030.

“Kita berharap 2030 Indonesia akan sangat-sangat berkurang menggunakan motor dan mobil listrik, kita berharap Jakarta udaranya makin bersih untuk kesehatan kita semua," ucap Luhut.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/31/072200115/ktt-g20-di-bali-jadi-momentum-konversi-mobil-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke