Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui Penyebab Pedal Kopling Mobil Tiba-tiba Jeblos

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah mobil dilengkapi transmisi manual sehingga komponen kopling masih sering dijumpai. Pengendara perlu memindahkan percepatan secara manual dengan cara menginjak pedal kopling dan memainkan tuas transmisi.

Jadi, tanpa kopling maka perpindahan percepatan transmisi manual tidak bisa dilakukan. Tidak jarang, pedal kopling mengalami los di tengah jalan khusus yang tipe hidrolik. Jadi, ketika perangkat ini diinjak tidak mau menekan kopling dan pedal tidak bisa balik.

Jika hal itu terjadi pada mobil Anda, hal pertama yang perlu dilakukan jangan panik. Segera menepi untuk menghentikan mobil di tempat yang aman sebelum menghubungi bengkel terdekat.

Pemilik Markas Oto Spesialis Nissan & Datsun Anom Budi Prasetiyo, mengatakan kopling jeblos disebabkan oleh master kopling bawah untuk tipe hidrolik.

“Jenis kopling manual ada dua, yang digerakkan oleh fluida atau minyak kopling, dan masih menggunakan tali, jika pedal kopling jeblos intinya terjadi hilang hubungan antara pedal dengan mekanisme kopling di dalam transmisi, talinya lepas atau master koplingnya jebol untuk tipe fluida,” ucap Anom kepada Kompas.com, Senin (29/8/2022).

Dia mengatakan beberapa mobil sekarang sudah menggunakan model kopling hidrolis, jadi masalahnya tidak jauh-jauh dari master kopling ketika pedal kopling jeblos.

“Mobil harus dibawa ke bengkel untuk mengerjakan masalah itu, karena perlu menurunkan transmisi untuk membongkar mekanisme koplingnya,” ucap Anom.

Dia mengatakan beberapa master kopling memang mudah mengalami jebol karena faktanya dia sering menerima mobil dengan permasalahan yang sama.

“Disarankan sih mengganti master kopling bawah dengan yang orisinal, itu lebih aman dan awet, bisa juga menggunakan master kopling orisinal mobil lain dengan melakukan sedikit penyesuaian,” ucap Anom.

Dia mengatakan master kopling merupakan komponen yang penting, maka dari itu perlu menggantinya dengan onderdil yang berkualitas tinggi dan presisi.

“Untuk penggantian master kopling yang bagus sendiri harganya mulai Rp 900.000-an untuk part saja, jasa turun transmisi Rp 600.000-an termasuk penggantian minyak kopling,” ucap Anom.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/30/131200015/ketahui-penyebab-pedal-kopling-mobil-tiba-tiba-jeblos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke