Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anti-bingung, Ini Cara Mudah Ketahui Posisi Tutup Tangki BBM Mobil

Kompas.com - 29/08/2022, 09:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Banyak pemilik mobil baru atau pengendara yang menyewa mobil rental, binggung mengenai posisi tutup tangki bahan bakar.

Hal ini cukup wajar, mengingat posisi tutup tangki BBM biasanya tiap mobil berbeda-beda, ada yang di kanan atau kiri.

Namun kondisi ini akan menjengkelkan ketika akan mengisi BBM di SPBU. Karena bingung, tak jarang pengendara sampai turun dari mobil untuk melihat posisi tutup tangkinya

Padahal, tak perlu repot untuk mengetahui letak tutup tangki BBM pada mobil. Semua petunjuk sudah jelas tertulis pada buku pedoman pemilik atau bisa melihat dari indikator pada panel speedometer

Baca juga: Biaya Isi Full Tank Avanza dan Xpander jika Pertalite Naik

"Dalam buku pedoman pemilik mobil disebutkan posisi tangki BBM bisa diketahui cukup melihat indikator speedometer," ucap Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto, kepada Kompas.com, Minggu (28/8/2022). 

Bambang menjelaskan, indikator letak posisi tutup tangki BBM dilambangkan logo berupa dispenser yang dilengkapi anak panah kiri atau kanan. Hanya melihat sepintas, pengemudi sudah bisa mengetahui letak pasti tutup tangki BBM. 

Ilustrasi logo petunjuk posisi tangki BBMDicky Aditya Wijaya Ilustrasi logo petunjuk posisi tangki BBM

"Kalau biasanya harus cek spion dulu, cukup paham cara baca indikator meter BBM di panel speedometer sudah sangat membantu," katanya. 

Tak hanya letak tutup tangki BBM, kadang ada pengemudi yang belum paham letak tuas pembuka tutup tangki BBM.

Karena biasanya tiap mobil yang beredar di pasaran posisi tuas ada yang terletak di bagian bawah jok, ada juga yang di tempatkan di dekat tuas pembuka kap mesin. 

Baca juga: Isu Harga BBM Mau Naik, Begini Cara Mengemudi Lebih Hemat Bahan Bakar

"Umumnya tuas pembuka tutup tangki beberapa mobil tipe MPV dan sedan berada di bawah jok pengemudi tapi kadang ada juga yang di tempatkan dekat handle pembuka kap mesin," kata Bambang. 

Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana mengatakan hal yang sama.  Kadang-kadang masih banyak pengemudi yang bingung membedakan posisi tutup tangki di sebelah kiri atau kanan. 

Ilustrasi tutup tangki BBM Dicky Aditya Wijaya Ilustrasi tutup tangki BBM

Logo panah di sebelah kiri menandakan posisi tutup tangki BBM juga berada di kiri. Atau berlaku sebaliknya. Ada sebagian mobil juga yang menggunakan logo gambar dispenser SPBU. 

"Biar tidak keliru bisa lihat dari panel speedometer. Ada dua jenis petunjuk indikator posisi tangki BBM, pertama menggunakan gambar SPBU, kemudian ada juga yang ditunjukan gambar anak panah," kata Andika. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.