Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan Teknologi CVTC pada Mobil Nissan

Kompas.com - 27/08/2022, 14:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi Continuously Variable-Valve Timing Control (CVTC) merupakan upaya Nissan dalam meningkatkan kualitas berkendara.

CVTC lebih tepat dikatakan sebagai penyempurnaan mesin yang memainkan waktu katup membuka dan menutup, bisa maju atau mundur disesuaikan dengan kebutuhan mesin.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan waktu pembukaan dan penutupan katup di dalam mesin perlu penyesuaian agar tenaga yang dihasilkan mesin maksimal serta efisien bahan bakar.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Teknologi VVT-i Toyota

Pembongkaran mekanisme CVTCSriyatincar/Agus Setiawan Pembongkaran mekanisme CVTC

“Saat akselerasi atau beban berat, maka katup saluran masuk perlu lebih cepat mendapatkan udara dan campuran bahan bakar, maka dari itu katup perlu dibuka lebih dini, nah ini salah satu fungsinya CVTC,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (26/8/2022).

Dia mengatakan tidak hanya saat akselerasi atau beban berat, CVTC akan terus menerus mengubah waktu pembukaan katup berdasarkan kebutuhan mesin.

“Waktu pembukaan katup masuk bisa maju dan mundur selama mesin beroperasi, lengkapnya berbagai sensor dan perangkat elektronik di mesin modern memudahkan ECU mengetahui kebutuhan mesin,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Ini Kelebihan Teknologi Dual VVT-i Milik Avanza dan Veloz

Penampakan Camshaft Grand LivinaSriyatincar/Agus Setiawan Penampakan Camshaft Grand Livina

Dengan demikian, tenaga yang dihasilkan oleh mesin menjadi lebih optimal.Maka dari itu, mobil-mobil modern mempertahankan mengembangkan teknologi semacam ini dalam meningkatkan kualitas berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com