Kompas.com - 25/08/2022, 07:02 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com – Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) telah berakhir pada Minggu, 21 Agustus 2022. Berbeda dengan konsep pameran berskala internasional di negara lain, salah satu fokus GIIAS adalah jualan mobil.

Selama 11 hari penyelenggaraan, ajang ini telah mendorong penjualan mobil khususnya pada pertengahan tahun ini.

Dari sekian model yang dipajang di ICE BSD City pada 11-21 Agustus lalu, tercatat beberapa model andalan berhasil meraih Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) tertinggi.

Berdasarkan data yang redaksi himpun, Hyundai Stargazer menjadi bintang pameran kali ini dengan SPK mencapai 1.585 unit.

Baca juga: Komparasi Motor Listrik Alva One dan Gesits G1

Toyota AvanzaKompas.com/ApridaMegaNanda Toyota Avanza

Kemudian, model terlaris berikutnya adalah All New Toyota Avanza dengan SPK mencapai 926 unit. Terlihat angka penjualan Avanza terbaru memang masih kalah dibandingkan Stargazer.

Namun, apabila digabung dengan SPK All New Veloz yang meraih 706 unit, maka duet Avanza-Veloz ini meraih total SPK 1.632 unit.

Sementara itu, Hyundai Creta juga mencatat SPK yang terbilang tinggi di atas 1.000 unit, tepatnya 1.191 unit.

Baca juga: Toyota Luncurkan Sienta Generasi Terbaru, Pakai Mesin Hybrid

Lalu dari merek Honda, terdapat Brio yang selama ini memang kerap kali jadi produk terlaris di Indonesia. Secara total, Brio mengumpulkan SPK sebanyak 676 unit.

Adapun model MPV medium, Toyota Kijang Innova, berhasil mengumpulkan SPK sebanyak 658 unit. Kemudian diikuti All New Honda HR-V dengan SPK 501 unit.

Tak ketinggalan Toyota Rush (456 unit), All New Honda BR-V (454 unit), Daihatsu Sigra (404 unit), serta mobil listrik Hyundai Ioniq 5 yang meraih SPK 399 unit.

Sedangkan dari merek dari Mitsubishi, Suzuki, dan Wuling sampai artikel ini diturunkan belum menyampaikan perolehan SPK selama penyelenggaraaan GIIAS 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.