Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aleix Espargaro Sebut Sprint Race Omong Kosong

Kompas.com - 21/08/2022, 15:52 WIB
Gilang Satria,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

Sumber Motorsport

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Aprilia Racing Aleix Espargaro mengatakan gagasan sprint race pada MotoGP 2023 adalah "omong kosong." Aleix mengatakan hal itu membuat pebalap lebih lelah.

Menurut Aleix, dengan adanya sprint race maka jumlah latihan berkurang. Adapun FP4 kemudian digantikan dengan gagasan tersebut di mana hal itu tidak dapat dibandingkan dalam hal risiko.

“Saya benar-benar ingin berpikir, saya ingin percaya bahwa manajemen kejuaraan menganggap ini adalah hal terbaik untuk pertunjukan, untuk popularitas kejuaraan,” kata Aleix dikutip dari Motorsport.com, Minggu (21/8/2022).

Baca juga: Para Pebalap MotoGP Tidak Setuju dengan Format Sprint Race

Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)VLADIMIR SIMICEK Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)

"Saya tidak berbagi ide ini, ini pendapat saya. Saya pikir itu bukan solusi. Saya pikir risikonya akan terlalu tinggi," kata dia.

Dengan adanya sprint race, maka jumlah balapan musim depan membengkak. Jika ada 22 balapan di kalender 2023 maka jumlah balapan jadi 44, meski sprint race hanya setengah dari balapan utama.

“Saya pikir 44 start di MotoGP terlalu banyak. Mereka mengatakan itu akan menjadi waktu lintasan yang sama, jadi tidak ada yang akan berubah," kata Aleix.

Baca juga: Satgas Covid-19 di Pameran GIIAS 2022, Tegakkan Aturan di Keramaian

Aleix Espargaro (Aprilia Racing) menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas ketiga atau FP3 MotoGP Inggris 2022 di Sirkuit Silverstone, Sabtu (6/8/2022). (Photo by Pau BARRENA / AFP)PAU BARRENA Aleix Espargaro (Aprilia Racing) menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas ketiga atau FP3 MotoGP Inggris 2022 di Sirkuit Silverstone, Sabtu (6/8/2022). (Photo by Pau BARRENA / AFP)

“Ini omong kosong, karena FP4 tidak sama dengan balapan di mana mereka memberikan poin," ungkap pebalap asal Spanyol itu.

Meski mengatakan omong kosong, pebalap yang suka pakai atribut warna "merah jambu" itu tetap menghargai keputusan Dorna, FIM dan IRTA yang bertujuan untuk meningkatkan eksposur MotoGP.

“Tapi kami akan mencoba, kami harus beradaptasi dengan kejuaraan. Mereka memilih apa yang mereka inginkan dan kami harus beradaptasi. Mungkin itu solusi yang bagus,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Motorsport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com