Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perbedaan Fitur AYC dan ASC pada New Xpander Cross Facelift

Berbeda dengan generasi sebelumnya, Xpander Cross Facelift hadir dengan fitur canggih bernama Active Yaw Control (AYC) dan stability control (ASC). AYC  dan ASC Merupakan fitur keselamatan dan juga kenyamanan saat berkendara.

Namun banyak mempertanya apakah fitur ini kedua serupa ?

“Banyak yang menanyakan apa bedanya fitur ini dengan ASC. Sebenarnya fitur AYC ini sudah ada sebelum di generasi Mitsubishi Lancer Evolution, jadi ada di kendaraan yang ada di kelas atas Mitsubishi,” kata brand ambassador dari Mitsubishi Motors Indonesia Rifat Sungkar di Medan, Kamis (18/8/2022).

Rifat menyebutkan jika fitur aktif utama AYC adalah salah satu fitur yang sangat penting untuk meningkatkan keselamatan dan bekerjasama dengan ASC.

Jika terjadi sesuatu ketika berada di jalan licin,  AYC fitur paling siaga karean berkaitan dengan rem. Sementara itu, traction control atau ASC akan bertugas lebih awal untuk menstabilkan kendaraan ketika ban alami slip.

Tapi jika hanya punya fitur ASC, mobil akan berusaha berada dalam sebuah kecepatan yang pelan dan terkontrol dengan baik. Jika mobil punya AYC, ketika ASC sedang menyala dan mobil akan melintasi tikungan, baru fitur AYC akan hidup.

“Jadi jenjang pertama, ketika terjadi kepanikan, traction control akan berjalan, kemudian jika sedang mengakselerasi di tikungan yang licin AYC akan bekerja. Jadi mobil masih tetap bisa mempertahankan kecepatan sesuai dengan yang kita mau,” kata Rifat.

Rifat menegaskan jika ASC selalu mencegah mobil untuk tidak terlalu kencang jika di situsia bahaya. ASC dan AYC akan mempertahankan stabilitas kecepatan yang diinginkan di jalan licin pada tikungan.

“Jadi betapa majunya teknologi yang disematkan di New Xpander Cross yang baru kita luncurkan,” kata Rifat.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/20/102200615/perbedaan-fitur-ayc-dan-asc-pada-new-xpander-cross-facelift

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke