Kompas.com - 19/08/2022, 14:12 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com – Para pengguna motor yang tidak memiliki helm cadangan dan belum melakukan penggantian, tampaknya harus tahu standar mengenai waktu atau batasan pemakaian helm.

Salomon Manalu, Brand Manager JPX Helmet, mengatakan, helm ada masa pakainya. Apabila sudah mencapai batasnya atau sudah kedaluwarsa, pemilik harus segera menggantinya.

Salomon mengatakan, helm sebaiknya diganti usai dipakai tiga sampai lima tahun. Pasalnya, helm yang berumur sudah tak bisa lagi melindungi kepala dengan maksimal.

Baca juga: Daftar Diskon MPV Murah di GIIAS 2022, Ertiga dan Avanza Rp 20 Jutaan

Vespa Genuine Helmet seri Heritage Vespa Genuine Helmet seri Heritage

Kemudian, helm yang sudah pernah jatuh dan meninggalkan jejak penyok atau rusakan sebaiknya juga diganti.

"Kalau jatuh dan terkena benturan, maka dia (helm) harus diganti. Apalagi, jatuh dengan ada beban (luka) di bagian dalamnya," kata Salomon di ICE BSD City belum lama ini.

"Ketika sudah terjadi benturan, sterofoam itu sudah mengeras dan memadat, maka masa pakainya sudah selesai. Sama saja kayak airbag mobil, kalau sudah mengembang ya harus diganti," ujar dia.

Baca juga: Jajal Mitsubishi New Xpander Cross, Apa Saja yang Berbeda?

Menurutnya, ketika helm mengalami benturan atau terjatuh, maka sterofoam yang berada di dalamnya mengeras dan menjadi lebih padat.

Salomon mengilustrasikan sterofoam helm sama halnya dengan airbag mobil, yang usai mengalami kecelakaan harus langsung diganti.

Ia menambahkan, helm yang pernah jatuh dan alami kerusakan akan berbahaya jika tetap digunakan. Sebab, daya redam helm tersebut terhadap kepala pengendara bakal berkurang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.