Seberapa Laku Xpander di Sumatera Utara Semester 1/2022

Kompas.com - 19/08/2022, 11:22 WIB

MEDAN, KOMPAS.com – New Xpander Cross telah diluncurkan secara resmi di Medan, Sumatera Utara, Kamis (19/8/2022).

Medan menjadi salah satu kota pertama yang dipilih oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam kegiatan Mitsubishi Motors Auto Show yang diselenggarakan di 20 kota di Indonesia.

Baca juga: Daftar Diskon MPV Murah di GIIAS 2022, Ertiga dan Avanza Rp 20 jutaan

Tommy Adianto Head of regional Sales Region 3 Departement PT. MMKSI mengatakan jika di periode Januari- Juni 2022 MMKSI Sumatera Utara telah membukukan pesanan kendaraan (SPK) sekitar 120 sampai 150 unit.

“Total SPK tersebut gabungan antara Xpander dan Xpander Cross. Dari komposisi tersebut, Xpander Cross itu 30- 35 persen komposisinya perbulan rata-rata. Itu di dapat dari data registrasi polisi samsat Januari – Juni 2022,” kata Tommy Adianto kepada Kompas.com, Kamis (19/8/2022).


Kota Medan merupakan salah satu kota di wilayah Sumatera yang memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap penjualan kendaraan Mitsubishi Motors, khususnya New Xpander dan New Xpander Cross.

Di area Medan dan sekitarnya, New Xpander dan New Xpander Cross menguasai 30.7 persen pangsa pasar untuk kelas Small MPV periode Januari - Juni 2022.

Sementara itu secara umum, kontribusi penjualan retail New Xpander dan New Xpander Cross di Kota Medan adalah sebesar 57 persen pada segmen Small MPV di wilayah Sumatera Utara pada periode yang sama.

Baca juga: Pengembangan New Xpander Cross Butuh Waktu 3 Tahun

New Mitsubishi Xpander Cross dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO New Mitsubishi Xpander Cross dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).

Mengenai target penjualan dalam cakupan regional, Tommy mengatakan jika pihaknya fokus pada market share agar di tahun ini dan selanjutnya lebih optimal.

“Market share kita minimal di 30 persen kalau bisa lebih. Sekarang kan posisinya di 30,7 persen yah tapi inginnya lebih baik,” kata Tommy.

Tommy menyatakan jika kondisi pasar penjualan Xpander datau Xpander Cross secara umum di tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu ada pertumbuhan. Pertumbuhan itu secara akumulasi dari januari-Maret 2022 yang mana lebih dirasakan karena ada PPnBM.

Baca juga: Marc Marquez Hadir di Red Bull Ring, Ikut Balapan?

“Tapi secara keseluruhan membaiknya kondisi ekonomi dan efek pandemi yang lebih baik situasinya secara umum membuat pasar kita di Sumatera Utara lebih baik. Apalagi kita sangat bergantung pada komoditi sawit di Sumatera Utara,” kata Tommy.

Untuk menorehkan rapot yang positif tahun ini dalam menjual Xpander, Tommy mengatakan jika akan meningkatkan pelayanan. “ Kepuasan pelanggan dulu baru penjualan,” kata Tommy.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.