Kompas.com - 18/08/2022, 14:41 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Mitsubishi baru saja meluncurkan New Xpander Cross di GIIAS 2022. Redaksi Kompas.com mencari kesempatan untuk mencobanya di area test drive GIIAS 2022 yang terletak di belakang hall 3a ICE BSD.

Perlu diketahui, Xpander Cross punya banyak ubahan, misalnya untuk eksterior semua bagiannya baru.

Begitu juga pada kabin, sisi pengemudi dimanjakan dengan hadirnya setir model baru dan instrument cluster full digital.

Kalau diperhatikan, setir serta instrument cluster rasanya mirip dengan yang ada di Pajero Sport. Ukuran setirnya pun sedikit lebih besar, jadi lebih terasa mantap saat digenggam.

Baca juga: Pengembangan New Xpander Cross Butuh Waktu 3 Tahun

Mitsubishi New Xpander Cross di GIIAS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Mitsubishi New Xpander Cross di GIIAS 2022

Ketika mulai mengemudi, setir yang lebih besar membuat mobil lebih gampang belok. Apalagi desain setir yang empat palang ini memberikan kesan premium jika dibandingkan dengan Xpander biasa.

Selain itu, untuk instrument cluster yang full digital juga memberi informasi yang detail. Kalau diperhatikan, grafis yang ditampilkan dari layar tersebut juga sudah jernih, jadi nyaman di mata.

Lalu, kalau bosan, seperti yang ada di Pajero Sport, tersedia tiga tema instrument cluster. Pertama ada takometer yang besar dengan speedometer digital, lalu speedometer analog, dan terakhir bentuknya seperti kenop yang berputar.

Baca juga: Nyempil, Ada Motor Baru Masuk Indonesia di GIIAS 2022

Mitsubishi New Xpander Cross di GIIAS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Mitsubishi New Xpander Cross di GIIAS 2022

Soal rasa mengemudi, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Xpander Cross sebelumnya. Mesin tetap sama, yakni 1.500 cc, punya tenaga 104 TK dan torsi 141 Nm yang disalurkan ke roda depan dengan transmisi CVT.

Tapi sekarang, New Xpander Cross dibekali dengan Active Yaw Control (AYC) yang mengendalikan distribusi torsi ke salah satu roda. Fitur ini diklaim bisa mempertahankan handling yang baik di kondisi jalan yang licin.

Secara sederhana, AYC mengalirkan torsi lebih besar ke salah satu roda saat manuver ke kiri atau kanan. Jadi, torsi disalurkan ke roda yang berada di sisi luar sehingga membantu manuver lebih gesit dan lincah.

Mitsubishi New Xpander Cross di GIIAS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Mitsubishi New Xpander Cross di GIIAS 2022

Sayangnya, pada area tes drive GIIAS kurang luas untuk bisa merasakan fitur AYC bekerja. Jadi soal manuver, masih belum terasa signifikan perubahannya berkat fitur AYC.

Kemudian soal suspensi, Xpander Cross terbaru memakai ukuran yang lebih besar. Efeknya, peredaman saat melewati polisi tidur buatan di arena tes sangat baik.

Xpander Cross terbaru dijual dengan harga Rp 309.950.000 untuk transmisi manual. Sedangkan New Xpander Cross Premium Package CVT dipasarkan dengan harga Rp 335.750.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.