Tenaga Kebersihan Kerja 16 Jam di GIIAS 2022 demi Honor Musiman

Kompas.com - 18/08/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif skala besar seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 melibatkan banyak pihak, mulai dari agen pemegang merek, usher, hingga tenaga kebersihan.

Tenaga kebersihan punya tugas yang krusial. Pekerjaannya mungkin sering diabaikan, tetapi berpengaruh besar di pameran. Mulai dari menyapu dan mengelap lantai pameran, hingga menjaga kebersihan kaca.

Fajar, tenaga kebersihan di booth Astra International yang ditemui waktu pembukaan acara, mengatakan, tugasnya yaitu mengepel, menyapu, dan mengelap meja, mulai pukul 07.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Baca juga: New Baleno, Modal Suzuki Bersaing di Segmen Hatchback

Ilustrasi pengunjung pameran GIIAS 2022KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Ilustrasi pengunjung pameran GIIAS 2022

"Sebetulnya tidak tentu. Jam kerjanya bisa pulang agak malam dan bisa cepat. Sehari itu 12 jam selama pameran," kata Fajar yang ditemui Kompas.com, belum lama ini.

Fajar mengakui tugasnya cukup berat karena booth mesti dalam kondisi bersih. Sedangkan pameran dihadiri banyak orang dan yang datang ke booth cukup banyak, mulai dari sales yang berjaga, usher, hingga pengunjung.

"Nunggu agak sepi biar tidak terlalu mengganggu," kata dia.

Fajar yang baru pertama kali kerja sebagai tenaga kebersihan di pameran mengatakan bisa membawa uang Rp 150.000 per hari. Honor musiman ini baru diterima penuh ketika pameran berakhir.

Seorang tenaga kebersihan di salah satu merek besar pabrikan Jepang di Hall 1 ICE BSD City, Tangerang, yang minta tidak disebutkan namanya, dan bertugas untuk menjaga kebersihan di bagian kerja dari pagi sampai malam.

Baca juga: 1 Dekade Honda Brio, Terjual 453.253 Unit di Indonesia

Booth Isuzu di GIIAS 2022KOMPAS.com/Serafina Ophelia Booth Isuzu di GIIAS 2022

"Tugas saya bersih-bersih, lap-lap meja dan buang sampah. Sisa-sisa makanan saya buang. Kerja dua shif, yang pertama masuk jam 08.00 WIB dan pulang jam 15.00 WIB. Shift kedua jam jam 15.00 WIB sampai jam 22.00 WIB," kata dia.

Dia mengambil jatah long shift dari pagi sampai malam dengan total 16 jam kerja, agar bayarannya lebih tinggi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.