Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Campervan di GIIAS 2022, Tenda Atap Mulai Rp 10 Juta

Kompas.com - 17/08/2022, 18:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Berkemah dengan mobil atau campervan di Indonesia memang sedang tren. Bahan yang harus disiapkan pun sebenarnya cukup sederhana, yakni mobil dan kemauan.

Ketika mobil sudah siap, maka tinggal dibawa ke camping kemudian parkir dan menginap di dalam kabin. Kalau mau lebih nyaman, bisa dengan memasang tenda di atap (roof tent) dan samping kendaraan atau awning.

Jadi, saat sudah berada di perkemahan, tinggal membuka tenda di atap dan dijadikan tempat tidur. Selain itu, awning di samping bisa dibuka agar tercipta area untuk duduk-duduk dan terlindung dari panas dan hujan.

Baca juga: Modifikasi Mercy Sprinter Jadi Campervan, Lengkap dengan Pemanas Air

Roof tent Madlife Overland KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Roof tent Madlife Overland

Kedua aksesori tersebut bisa dibilang mudah dipasang dan didapat. Selain itu, sudah banyak juga merek lokal yang memproduksi baik roof tent maupun awning, misalnya seperti Madlife Overland, dan Hunay.

Untuk awning, Madlife Overland punya beberapa tipe yang bisa dipilih. Misalnya 90 derajat, 180 derajat, sampai yang paling besar adalah 270 derajat.

"Tipe 90 derajat harga Rp 2,5 juta, 180 derajat harga Rp 3,5 juta, dan 270 derajat harga Rp 4 juta," ucap Lulu, Pemilik Madlife Overland kepada Kompas.com, Rabu (17/8/2022).

Baca juga: Pilihan 3 Motor Listrik Termurah di GIIAS 2022, Tak Sampai Rp 10 Juta


Sedangkan untuk roof tent, harganya juga bervariasi, mulai Rp 10,5 juta. Untuk merek Madlife Overland, tersedia dua tipe, Pro series dan Hardshell, harganya pun berbeda antara kedua model tersebut.

"Hardshell mulai Rp 12 juta sampai Rp 16 juta. Pro series mulai Rp 10,5 juta sampai Rp 13,5 juta," ucapnya.

Roof tent Hunay KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Roof tent Hunay

Sedangkan untuk merek Hunay, harga jual tergantung dari model yang dipilih. Paling kecil ada ukuran 120 cm x 200 cm, dibanderol Rp 12,5 juta.

Sedangkan yang bisa dilihat di GIIAS 2022, merupakan tipe 140 cm x 200 cm yang diberi harga Rp 14,5 juta. Untuk yang paling besar, yakni ukuran 200 cm x 200 cm harganya Rp 19,5 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com