Kompas.com - 18/08/2022, 08:12 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com – Awal meluncur pada 2012, Honda Brio didatangkan secara CBU dari Thailand. Waktu itu, Brio belum masuk ke dalam skema LCGC dan masih mengusung mesin 1.300 cc.

Berselang setahun, PT Honda Prospect Motor (HPM) kemudian memperkenalkan Brio Satya yang menjadi mobil LCGC Honda yang diproduksi di pabrik HPM di Karawang.

Sesuai dengan komitmen untuk program LCGC, Honda Brio tidak hanya diproduksi secara lokal di Indonesia, tetapi juga terus meningkatkan kandungan lokalnya dari tahun ke tahun, mulai dari eksterior, interior, bodi, sasis, mesin hingga elektrik.

Baca juga: Pilihan 3 Motor Listrik Termurah di GIIAS 2022, Tak Sampai Rp 10 Juta

Honda Brio S 1.3L.world.honda.com Honda Brio S 1.3L.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, mengatakan, produksi Brio Satya di Indonesia juga melibatkan banyak supplier lokal Indonesia yang jumlahnya juga meningkat dari tahun ke tahun.

“Dengan tingkat local purchase mencapai 95 persen, Honda Brio saat ini tercatat sebagai model Honda dengan local purchase tertinggi,” ujar Billy di ICE BSD City (17/8/2022).

Berdasarkan catatan HPM, saat pertama kali diproduksi lokal tahun 2013, TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) mobil tersebut 45 persen.

Pada tahun yang sama, local purchase berhasil ditingkatkan menjadi 84 persen. Secara bertahap terus meningkat jadi 87 persen pada 2016. Dan pada 2018 sudah tembus 89 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.