Honda Pakai Cara Hybrid di Awal Sebelum Menuju Mobil Listrik

Kompas.com - 16/08/2022, 14:01 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com - Dalam upaya menyambut era elektrifikasi kendaraan bermotor nasional secara optimal, PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan mobil hibrida atau hybrid electric vehicle (HEV) lebih dulu di Indonesia.

Hal itu karena kebiasaan menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan harian jauh berbeda dibandingkan mobil berpembakaran dalam (internal combustion engine/ICE), seperti ketika mengisi dayanya maupun perawatannya.

Lalu dari sisi fitur maupun teknologi yang disematkan juga tak begitu rumit atau lebih familiar karena terdapat kemiripan dengan mobil konvensional yang sudah digunakan secara umum kini.

Baca juga: Honda Pastikan Bakal Ada Investasi Baru Khusus Elektrifikasi

CR-V HybridKompas.com/ApridaMegaNanda CR-V Hybrid

Demikian dikatakan oleh Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy saat ditemui di pameran GIIAS 2022, ICE BSD City, Tangerang, Senin (15/8/2022).

"Teknologi hybrid merupakan jembatan yang tepat sebagai transisi dari mesin berbahan bakar minyak atau ICE menuju elektrifikasi sepenuhnya karena dapat memberikan kesempatan konsumen untuk mengenal dan membiasakan diri," kata dia.

Di samping itu, dari sisi manufaktur, perseroan juga perlu melakukan beberapa penyesuaian seiring adanya pengurangan dan penambahan komponen tertentu pada kendaraan listrik, seperti motor, inverter, hingga baterai.

Supaya tidak terjadi gejolak yang pada akhirnya berdampak negatif, maka era elektrifikasi harus dilakukan secara bertahap.

Baca juga: Kembali ke Indonesia, Chery Pilih SUV Dibanding MPV

"Kalau full baterai mungkin (ada penyesuaian besar karena komponen yang tak terpakai). Makanya kita perlu jembatan untuk memperkenalkan ke masyarakat, seuruh pemasok komponen, ahli teknologi, seperti apa (era elektrifikasi)," kata Billy.

"Tetapi visi kita itu, menuju full elektrifikasi. Tahun depan, kita akan perkenalkan dua mobil hybrid dan model lainnya, termasuk produksi lain pada tahun-tahun berikutnya," lanjut dia.

Menurut Billy, teknologi e:HEV, bahasa mobil hybrid Honda, ialah sistem dengan tingkat kebebasan di mana kedua motor dan mesin dapat beroperasi secara independen dan menghasilkan pengalaman berkendara yang efisien di berbagai situasi

Baca juga: Pakai Mesin 125 cc, Ini Alasan Honda Dax Punya Harga Mahal

Booth Honda GIIAS 2022Kompas.com/ApridaMegaNanda Booth Honda GIIAS 2022

Service Technical and Warranty Senior Manager PT HPM, Muhammad Zuhdi menuturkan bahwa sistem e:HEV akan sangat mudah diterima oleh konsumen karena tidak terdapat banyak perbedaan baik dari cara berkendara maupun perawatan kendaraannya.

“Sistem hybrid sudah dapat secara signifikan, memberikan kontribusi terhadap efisiensi bahan bakar dan emisi yang lebih ramah lingkungan,” ujarnya.

"Secara teori, mesin pada mobil hybrid itu berfungsi hanya sebagai support untuk menyuplai baterai. Sehingga tingkat efisiensi bahan bakar akan sangat jauh," tambah dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.