Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2022, 16:22 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Pasar motor listrik semakin ramai dengan kehadiran produk-produk baru. Namun hingga saat ini belum ada merek motor listrik asal Jepang yang muncul di pasaran.

Honda sempat dikabarkan meluncurkan motor listrik. Hal ini sempat terungkap dalam press konferensi yang digelar Astra Financial di ICE BSD City, pada Sabtu (13/8/2022).

Di sana, jajaran direksi Astra Financial mengungkapkan bahwa FIF Group berencana untuk menyiapkan pembiayaan motor listrik pada 2023.

Baca juga: Peluang Daihatsu Ayla EV Jadi Mobil Listrik Murah Massal

Honda PCX Electric mulai tes uji coba layanan GoRideKOMPAS.com/Gilang Honda PCX Electric mulai tes uji coba layanan GoRide

Seperti diketahui, FIF Group hanya memberikan kredit untuk merek sepeda motor Honda. Rencana ini pun menjadi sinyal bahwa motor listrik Honda sudah siap dilepas ke pasaran.

Meski begitu, PT Astra Honda Motor (AHM) langsung menampik kabar tersebut. Honda infonya masih fokus mempelajari bagaimana penerimaan motor listrik di Indonesia.

So far kita belum ada rencana untuk kredit motor listrik tahun depan,” ujar Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication PT AHM, kepada Kompas.com, Senin (15/8/2022).

Baca juga: Wuling Air ev Bisa Jadi Mobil Harian Mama-mama Muda

“Kita saat ini masih konsen dengan PCX listrik dulu. Saat ini baru untuk fleet dengan skema penyewaan,” kata dia.

Sejatinya, Honda sudah memperkenalkan PCX Electric sejak beberapa tahun lalu, tapi hingga kini motor listrik tersebut belum dijual untuk umum, melainkan disewakan ke perusahaan.

Direktur Pemasaran Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya, mengatakan, saat ini pihaknya masih terus melakukan studi kelayakan, sehingga motor belum akan dijual secara retail.

Baca juga: Pesan Sekarang, Toyota GR 86 Baru Dikirim Akhir 2022

Ilustrasi booth Honda di ajang GIIAS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi booth Honda di ajang GIIAS 2022

Thomas mengatakan, studi PCX Electric masih berlajut sebab yang lalu terkendala pandemi Covid-19. Hal itu yang membuat beberapa studi yang ingin diraih mengalami kemunduran.

"Sebetulnya Honda PCX listrik kita launching 2019, dari awal kita masih (pakai) skema bussines to bussines (B2B), kebetulan di akhir tahun 2019, terkena pandemi Covid-19 secara studi mengalami kemunduran," kata Thomas dalam video telekonferensi belum lama ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com