Jadi Sarana Edukasi, Ada Samsat Digital Nasional di GIIAS 2022

Kompas.com - 15/08/2022, 15:12 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2022 tidak hanya menyuguhkan ragam kendaraan, namun juga menjadi sarana edukasi pembayaran pajak digital.

Ada booth Samsat Digital Nasional (SIGNAL) yang bisa dikunjungi di hall 10 ICE BSD, Tangerang, selama masa pameran berlangsung.

SIGNAL sendiri merupakan aplikasi penyelenggara proses layanan pengesahan STNK tahunan, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Baca juga: Simak Syarat dan Cara Bayar Pajak Kendaraan Melalui E-Samsat

Adanya sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi wajib pajak bahwa pengesahan STNK tahunan bisa dilakukan tanpa harus datang ke kantor Samsat.

Wajib pajak tinggal mendaftarkan diri serta data kepemilikan kendaraan perorangan (bukan badan hukum). Pengesahan STNK akan diproses dalam waktu beberapa menit saja.

 

Ilustrasi cara membayar pajak kendaraan bermotor via SIGNAL Polrisamsatdigital.id Ilustrasi cara membayar pajak kendaraan bermotor via SIGNAL Polri

Baca juga: Biaya Servis Wuling Air ev Hingga 100.000 Km, Hanya Rp 4,1 Juta

"Semua dapat anda lakukan hanya melalui smartphone, karena layanan SIGNAL dapat diakses di mana saja, dan kapan saja," ucap Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus, dikutip dari NTMC Polri, Senin (15/8/2022).

Sebagai informasi, pameran GIIAS 2022 masih berlangsung hingga 21 Agustus 2022. Tiket bisa dibeli melalui aplikasi Auto360 atau laman www.auto360.id. Perlu diingat, tiket tidak tersedia di lokasi, namun hanya bisa dibeli secara daring.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.