Kompas.com - 15/08/2022, 11:22 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Dengan visi berkontribusi untuk menuju era elektrifikasi di Tanah Air, Lexus Indonesia menghadirkan beragam kejutan menarik di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Satu diantaranya, dengan perkenalan The Lexus LF-Z Electrified Concept yang membawa konsep 'Eco-Friendly' lounge sebagai evolusi atas kendaraan listrik berpenumpang perseroan di masa mendatang.

General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma mengatakan bahwa sebagai “Next Generation of Lexus”, LF-Z Electrified Concept menggabungkan performa berkendara dan teknologi yang ingin diwujudkan Lexus di masa depan.

Baca juga: Ada Pemutihan Pajak Kendaraan di Kalimantan Timur

Lexus LF-Z Electrified Concept Dok. Lexus Indonesia Lexus LF-Z Electrified Concept

“Seluruh inovasi yang tertanam dalam LF-Z Electrified Concept merupakan kisi-kisi desain, fitur, dan teknologi pada model terbaru yang akan diperkenalkan Lexus dalam waktu dekat,” ucap Bansar dalam keterangannya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bajwa desain mobil konsep ini bertujuan untuk mencapai proporsi dan penampilan yang menawan. Itu terlihat dari bagian depan yang lebih rendah dan meninggi di bagian belakang.

LF-Z Electrified Concept juga hadir dengan spindle design tiga dimensi dalam bentuk keseluruhan body. Menunjukkan, semangat Lexus untuk meghasilkan styling yang sejalan dengan perkembangan teknologi.

Bansar melanjutkan bahwa selaras dengan konsep 'Lexus Driving Signature', LF-Z Electrified Concept memiliki sistem penggerak DIRECT4 yang dapat berubah secara adaptif. Perubahan sistem penggerak ini dimulai dari front wheel drive (FWD) serta rear wheel drive (RWD) atau all-wheel drive (AWD).

Baca juga: Wuling Mulai Rencana Produksi Lokal Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Lexus LF-Z Electrified Concept Dok. Lexus Indonesia Lexus LF-Z Electrified Concept

Perubahan sistem tersebut juga disempurnakan dengan teknologi steer-by-wire untuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi. Lexus LF-Z Electrified Concept, lanjut Bansar, juga telah menggunakan konsep tazuna cockpit di bagian interior.

Konsep ini didukung dengan all-new multi-screen interface yang terinspirasi dari bentuk kupu-kupu hitam. Serangkaian layar ditempatkan di sepanjang garis pandangan pengemudi.

Hal ini membuat pengemudi dapat mengoperasikan seluruh tombol, tampilan head-up display, sistem navigasi, sistem audio, serta driving mode tanpa perlu mengubah pandangan.

“Konsep all-new multi-screen interface membantu meningkatkan konsentrasi berkendara pengemudi. Terlebih, dengan dukungan teknologi artificial intelligence, pengemudi dapat berinteraksi melalui sentuhan atau suara saat mengendarai mobil,” kata Bansar.

Adapun beberapa konsep dan inovasi pada LF-Z Electrified Concept ini telah terwujud pada All New Lexus RX yang diperkenalkan dalam ajang GIIAS 2022 seperti desain 3D spindle baru yang disebut spindle body.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.