Kompas.com - 15/08/2022, 09:20 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Salah satu cara Isuzu bisa bertahan dalam persaingan di pasar kendaraan niaga adalah terus meningkatkan sisi layanan purnajual. Ini sekaligus memperkuat brand image Isuzu sebagai pemegang pangsa pasar.

Customer and Product Services Division Head Astra Isuzu Heri Wasesa menjelaskan, Isuzu sukses menerapkan program layanan after sales yang prima untuk perusahaan logistik. Program itu diterapkan ke sektor migas, pertambangan, dan perkebunan.

Program itu berupa layanan darurat 24 jam, fleksibilitas servis seperti mechanic on site atau pun part on site yang dapat mendukung operasional bisnis pelanggan langsung di lokasi kerja.

Sejumlah program diberikan mengacu pada pemenuhan kebutuhan konsumen. Secara umum, konsumen ingin produktivitasnya tinggi. Artinya, ketersediaan unit kendaraan harus tinggi dan mobil tidak boleh mogok.

Baca juga: Ada Pemutihan Pajak Kendaraan di Kalimantan Timur

“Kami punya keunggulan komparatif luar biasa, memiliki jaringan luas di seluruh Indonesia. Jaringan kami memiliki garis komando terpusat, beda dengan kompetitior yang parsial,” tutur Heri dalam keterangan resminya, Senin (15/8/2022).

Isuzu Giga yang ada di Booth IAMI pada ajang GIIAS 2022. IAMI Isuzu Giga yang ada di Booth IAMI pada ajang GIIAS 2022.

Isuzu Command Center bisa memenuhi kebutuhan konsumen selama 24 jam dalam 7 hari seminggu ke seluruh wilayah Nusantara. Di mana pun kendaraan konsumen bermasalah, bisa ditangani.

Baca juga: Wuling Mulai Rencana Produksi Lokal Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Regional Office Executive Isuzu Motor Limited Koji Nakamura memuji kinerja Isuzu di Indonesia yang mengagumkan. Menurut Koji, hal itu terlihat dari market share Isuzu yang terus bertumbuh dari 18 persen pada Juni 2019 menjadi 25 persen di Juni 2022.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, sepanjang 2021, penjualan Isuzu naik 52 persen dari tahun 2020 yakni dari 17.855 unit menjadi 27.276 unit. Lalu, semester 1 2022, penjualan Isuzu mencapai 14.956 unit atau melonjak 25 persen jika dibandingkan periode yang sama 2021 yang sebanyak 11.968 unit.

"Isuzu hadir di Indonesia sejak 1960 dan terus mendukung industri otomotif nasional. Indonesia kini sebagai pusat ekspor Isuzu dan menjadi dominant player,” ujar Koji Nakamura di sela-sela ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.