Kompas.com - 14/08/2022, 10:41 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun ini berlangsung dari tanggal 11-21 Agustus 2022. Pameran yang diselenggarakan di ICE BSD saat ini juga dipenuhi dengan 12 bus yang bisa dicoba.

Kalau dibandingkan dengan GIIAS tahun lalu, tepatnya di bulan November, memang cuma ada 1 bus yang bisa dikunjungi. Saat itu bus buatan Karoseri Tentrem yang mejeng di booth Hino, memakai sasis Hino R260.

Namun sekarang, total ada 12 bus yang bisa dikunjungi. Pertama di Karoseri Laksana ada empat bus, tiga big bus dengan bodi Legacy SR3 paling baru dan satu medium bus Tourista dengan kabin yang mewah buatan Laksana Individual.

Baca juga: Kenapa Laksana Tidak Luncurkan SR3 dengan bodi Bus Tingkat?

Jetbus 3+ Dream Coach di GIIAS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Jetbus 3+ Dream Coach di GIIAS 2022

Untuk tiga bus Legacy SR3, terdiri dari tiga varian yang berbeda. Pertama ada SR3 Panorama Ultimate Edition milik PO SAN.

Kemudian ada Suites Combi milik PO Sinar Jaya, dan satu lagi Suites Class dengan kapasitas penumpang yang lebih banyak.

Beralih ke booth Adiputro, ada tiga bus yang dibawa ke Tangerang. Pertama yakni Jetbus Jumbo Limousine, lalu ada Jetbus Transit milik OPPAL yang kabinnya sudah dirombak jadi studio podcast yang mumpuni.

Bus ketiga yang hadir adalah Jetbus 3+ Dream Coach single glass. Bus ini berisi 22 kapsul bangku, jadi saling terpisah dan bisa direbahkan sampai sekitar 150 derajat, bahkan di bangkunya punya fitur pijat.

Baca juga: Resmi Meluncur di GIIAS 2022, Stargazer Diklaim Tanpa Inden

Avante H8 Grand Seigneur milik PO Bagong di GIIAS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Avante H8 Grand Seigneur milik PO Bagong di GIIAS 2022

Kemudian ke booth Tentrem, ada tiga bus yang mejeng. Pertama ada Avante H8 Grand Seigneur. Bus pesanan PO Bagong ini punya kabin super mewah, bahkan ada kasur di bagasi untuk tempat tidur dengan berbagai fitur.

Di bagian tengah ada 12 bangku dengan model super lebar. Kemudian di bagian belakang ada ruang karaoke dengan sofa yang bisa diratakan jadi kasur, super nyaman.

Kemudian ada bus Avante H7 Aluminium Body dan bodi bus medium baru yakni Navigator. Model Navigator bisa dibilang versi mini dari Avante H Series karena menggunakan lampu dan bahasa desain yang sama.

Selain bus di booth karoseri, Hino dan Fuso juga memboyong bus untuk dipamerkan. Di booth Hino, dipajang bus buatan Karoseri Laksana yakni Tourista yang memakai sasis GB 150 transmisi otomatis dengan sentuhan mewah di kabin hasil Laksana Individual.

Sedangkan di booth Fuso, hadir bus medium buatan Tentrem yakni Navigator dengan livery PO Bagong. Kabinnya bahkan dibuat cukup premium karena memakai susunan bangku 2-1.

Bagi yang penasaran, silahkan datang ke ICE BSD, tepatnya di hall 8. Semua bus berada di hall tersebut dan bisa mencobanya langsung, atau duduk-duduk di bangkunya yang nyaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.