Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2022, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berhasil meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 dengan memamerkan Ayla yang sudah dikonversi ke mobil listrik.

Ketika pabrikan lain memamerkan mobil listrik dengan model baru, Daihatsu justru memilih untuk mengelektrifikasi mobilnya yang sudah dikenal banyak orang.

Baca juga: Lihat dari Dekat Mobil Listrik Daihatsu Ayla EV di GIIAS 2022

Sri Agung Handayani, Marketing Director and Corporate Planning & Communication Director PT ADM, mengatakan, Ayla EV merupakan buatan tim riset dan pengembangan (litbang) Daihatsu Indonesia.

Interior Daihatsu Ayla EVKompas.com/Donny Interior Daihatsu Ayla EV

"Makanya, kita pakai mobil yang sudah lama diluncurkan. Jadi, kita tahu pasti, kita riset sendiri," ujar Agung, kepada wartawan, saat perkenalan Ayla EV, di ICE BSD, Kamis (11/8/2022).

Untuk diketahui, Ayla merupakan mobil murah karena mengisi segmen low cost green car (LCGC) yang pertama kali dikembangkan oleh Daihatsu pada 2013.

Baca juga: Mobil Listrik Ayla EV Hasil Kreasi Litbang Daihatsu Indonesia


"Jadi, tim riset kami sudah sangat dalam mempelajari produk ini dan memakan waktu yang cukup lama. Jadi, kita fokus di kendaraan yang sudah kita kenal. Sehingga, baik teknologi, infrastruktur, proses manufaktur, kita sudah tahu tentang bagaimana membuat konversi EV ini," kata Agung.

Daihatsu Ayla EVKompas.com/Donny Daihatsu Ayla EV

Agung menambahkan, Daihatsu sudah sangat familiar dengan Ayla. Sebab, ada 253.000 unit mobil ini yang sudah dibuat.

"Jadi, kita punya banyak bahan riset dengan tiga komponen tadi, kualitas, convert ke customer, dan termasuk safety, kita bisa mengenali produk ini dengan sangat baik," ujarnya.

Daihatsu Ayla EVKompas.com/Donny Daihatsu Ayla EV

Sayangnya, mobil listrik ini masih konsep. Sehingga, belum ada detail spesifikasi tentang motor elektrik atau baterai yang bisa dibeberkan oleh Daihatsu ke publik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com