Kompas.com - 12/08/2022, 08:22 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berhasil meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 dengan memamerkan Ayla yang sudah dikonversi ke mobil listrik.

Ketika pabrikan lain memamerkan mobil listrik dengan model baru, Daihatsu justru memilih untuk mengelektrifikasi mobilnya yang sudah dikenal banyak orang.

Baca juga: Lihat dari Dekat Mobil Listrik Daihatsu Ayla EV di GIIAS 2022

Sri Agung Handayani, Marketing Director and Corporate Planning & Communication Director PT ADM, mengatakan, Ayla EV merupakan buatan tim riset dan pengembangan (litbang) Daihatsu Indonesia.

Interior Daihatsu Ayla EVKompas.com/Donny Interior Daihatsu Ayla EV

"Makanya, kita pakai mobil yang sudah lama diluncurkan. Jadi, kita tahu pasti, kita riset sendiri," ujar Agung, kepada wartawan, saat perkenalan Ayla EV, di ICE BSD, Kamis (11/8/2022).

Untuk diketahui, Ayla merupakan mobil murah karena mengisi segmen low cost green car (LCGC) yang pertama kali dikembangkan oleh Daihatsu pada 2013.

Baca juga: Mobil Listrik Ayla EV Hasil Kreasi Litbang Daihatsu Indonesia


"Jadi, tim riset kami sudah sangat dalam mempelajari produk ini dan memakan waktu yang cukup lama. Jadi, kita fokus di kendaraan yang sudah kita kenal. Sehingga, baik teknologi, infrastruktur, proses manufaktur, kita sudah tahu tentang bagaimana membuat konversi EV ini," kata Agung.

Daihatsu Ayla EVKompas.com/Donny Daihatsu Ayla EV

Agung menambahkan, Daihatsu sudah sangat familiar dengan Ayla. Sebab, ada 253.000 unit mobil ini yang sudah dibuat.

"Jadi, kita punya banyak bahan riset dengan tiga komponen tadi, kualitas, convert ke customer, dan termasuk safety, kita bisa mengenali produk ini dengan sangat baik," ujarnya.

Daihatsu Ayla EVKompas.com/Donny Daihatsu Ayla EV

Sayangnya, mobil listrik ini masih konsep. Sehingga, belum ada detail spesifikasi tentang motor elektrik atau baterai yang bisa dibeberkan oleh Daihatsu ke publik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.