Selain Bodi Baru, Laksana Buat Legacy SR3 Lebih Aman dari Model Sebelumnya

Kompas.com - 13/08/2022, 12:22 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Karoseri Laksana baru saja meluncurkan bodi bus baru yakni Legacy SR3 dan SR3 Ultimate. Selain ubahan di bagian eksterior, soal keselamatan pun turut ditingkatkan.

Stefan Arman, Technical Director Karoseri Laksana mengatakan, selama 45 tahun Karoseri Laksana berdiri, inovasi menjadi kunci yang selalu dipegang teguh. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah dari sektor safety atau keamanan.

"Dari aspek keselamatan, kami selama beberapa tahun terakhie ini banyak sekali melakukan pengujian berstandar Internasional," ucap Stefan di Tangerang, Jumat (12/8/2022).

Baca juga: Karoseri Laksana Rilis Bodi Bus Legacy SR3 Ultimate, Punya PO SAN

Bus baru Legacy SR3 buatan Karoseri LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus baru Legacy SR3 buatan Karoseri Laksana

Misalnya ada uji guling, uji kekuatan kursi, serta uji kemiringan. Pada generasi terbaru dari Legacy SR3, disematkan juga teknologi keamanan baru, terutama di bagian bodi depan.

"Inovasi terbaru yang kami perkenalkan pada acara hari ini adalah adanya protection system tambahan yang kami namakan Front Under-ride Protection System," ucap Stefan.

Dikatakan, perangkat FUPS ini sudah mengikuti serangkaian uji ketahanan dengan standar bus di Eropa. Hadirnya FUPS berfungsi untuk meminimalisir risiko mobil terapit saat terlibat tabrak depan dengan bus.

Baca juga: Air ev Dijual Rp 200 Jutaan, Wuling Sebut Banyak yang Ingin Punya Mobil Listrik


Selain itu, material yang digunakan juga diklaim kuat, mampu menahan beban sampai 160 KN. Jadi dengan memakai FUPS, bus Legacy SR3 punya keamanan yang lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya.

Kalau bahas lagi Legacy SR3, ubahan yang dilakukan bisa dibilang total, baik di depan, samping, sampai ke belakang. Lampu dan desain bumper baru menambah kesan elegan di bagian depan, apa lagi dengan model single glass.

Selain itu, kalau lihat ke belakang penumpang akan disajikan dengan lekukan bodi yang agresif. Ditambah model lampu belakang baru, memang bukan kesukaan semua orang, jadi butuh waktu untuk bisa menerima desainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.