Honda Minta Maaf Inden Civic RS Jadi Lama karena Krisis Cip

Kompas.com - 13/08/2022, 12:42 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Kelangkaan komponen cip semikonduktor yang terjadi secara global ikut berdampak pada produksi Honda di Indonesia. Kondisi ini pun menyebabkan terganggunya pasokan mobil untuk konsumen.

Salah satunya produksi Honda Civic RS yang ikut tersendat di tengah tingginya permintaan konsumen.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih terkendala pasokan cip semikonduktor yang menyebabkan tidak ada alokasi pengiriman ke HPM dari negara eksportir yakni Thailand.

Baca juga: Daihatsu Rocky Facelift Meluncur di GIIAS 2022

“Delivery (bulan) kemarin hanya 80 (unit). Drop lagi, kita tidak dikasih jatah (unit) bahkan dari Thailand. Karena Thailand masih mengalami hal yang sama krisis cip semikonduktor,” ucap Billy di ICE BSD, Kamis (11/8/2022).

Honda Civic RSKOMPAS.com/ADITYO WISNU Honda Civic RS

Billy melanjutkan, saat ini untuk back order atau konsumen menunggu yang belum mendapatkan unit dari HPM masih di angka 400 unit, sedangkan jika berkaca dari alokasi Honda Civic RS di bulan Juli hanya 80 unit.

Artinya, bagi konsumen yang sudah memesan masih harus bersabar lantaran inden yang cukup lama.

“Indennya lama. Maka dari itu, saya minta maaf kepada konsumen Honda Civic,” kata Billy.

Baca juga: Desain Mirip PCX dan NMAX, Ini Kata Bos Motor Listrik Alva One

Sayangnya, Billy tak dapat menjelaskan secara spesifik untuk waktu tunggu bagi konsumen yang membeli Honda Civic RS. Namun, ia memastikan bahwa pihaknya akan terus memantau dan memonitor perkembangan unit untuk bulan-bulan berikutnya.

“Intinya, komponen cip semikonduktor masih belum stabil dan kami akan terus memonitor perkembangannya,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.