Kompas.com - 13/08/2022, 10:02 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com – Kendaraan niaga listrik berbasis baterai memang mulai masuk ke Indonesia. Sebut saja eCanter dari Fuso dan Hino dengan Dutro Z EV yang dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Pada pameran yang sama, Isuzu pun memamerkan kendaraan niaga elektrik, yakni Elf EV. Namun berbeda dengan dua produk dari Fuso dan Hino, Elf EV masih dalam bentuk prototipe, belum produksi massal, bahkan di negara asalnya yakni Jepang.

Attias Asril, Marketing Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), mengatakan, Elf EV memang belum produksi massal, tapi tujuan dari dipamerkannya di GIIAS adalah untuk melihat respon masyarakat atau pengusaha di Indonesia.

Baca juga: Layanan Aftersales Isuzu dalam Implementasi Euro 4

Elf EV di GIIAS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Elf EV di GIIAS 2022

“Dengan seperti ini (pameran) jadi tahu untuk masyarakat indonesia seperti apa komentarnya. Jadi sedang menggali kebutuhan lebih detail,” ucap pria yang akrab disapa Aat kepada Kompas.com, Kamis (11/8/2022).

Lalu, kapan truk listrik dari Isuzu ini akan dijual di Indonesia?

Aat menjelaskan, di Jepang mungkin sebentar lagi Elf EV akan diproduksi massal. Namun untuk di Indonesia, bisa saja datang lebih cepat, melihat kebutuhan kendaraan listrik.

Baca juga: Menanti Kemunculan Kijang Innova Hybrid Akhir Tahun Ini


“Kalau di Indonesia kebutuhan EV itu begitu tinggi, bisa jadi akan dijual (segera),” kata Aat.

Aat menjelaskan, sekarang di Indonesia sudah berlaku standar emisi Euro 4 untuk kendaraan diesel. Tetapi, regulasi tersebut ada kendala dengan harga bahan bakar. Mungkin saja situasinya menjadi pertimbangan khusus.

“Karena sekarang Euro 4, lalu Euro 6, tetap berbicara soal bahan bakar. Kenapa enggak langsung listrik? Tapi pasti kembali lagi ke investasi, potensi dan terutama kembali ke kesiapan ekosistemnya,” ucap Aat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.