Jangan Menyamakan Ekosistem Mobil dan Truk Listrik di Indonesia

Kompas.com - 13/08/2022, 08:22 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memperkenalkan Elf EV di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Hadirnya truk listrik ini pun membuktikan kalau Isuzu di negara asalnya sedang melakukan pengembangan.

Seperti diketahui, Elf EV yang dipamerkan Isuzu di GIIAS didatangkan langsung dari Jepang. Selain itu, Elf EV juga masih dalam bentuk prototipe, jadi spesifikasinya masih bisa berubah, seiring dengan kebutuhan pasar.

Attias Asril, Marketing Division Head PT IAMI mengatakan, hadirnya Elf EV di GIIAS adalah untuk melihat respons para pengusaha, apakah sudah tertarik untuk menggunakan truk listrik sebagai kendaraan niaga.

Baca juga: Hadir Pertama Kali di Indonesia, Kendaraan Listrik Isuzu Elf EV Mejeng di GIIAS 2022

Elf EV di GIIAS 2022
KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Elf EV di GIIAS 2022

“Kita ingin tahu respons masyarakat indonesia, pengusaha di Indonesia terhadap Electric hicle seperti apa, kebutuhannya, jadi untuk studi,” ucap pria yang akrab disapa Aat kepada Kompas.com, Kamis (11/8/2022).

Selain itu, ada pertimbangan lain kenapa truk listrik di Indonesia masih saja diuji coba. Aat menjelaskan, memasarkan truk listrik tidak sama dengan kendaraan penumpang. Keduanya punya ekosistem yang berbeda.

“(Kalau) passenger car rute yang dilewati relatif bisa diprediksi. Tapi kalau komersial kan bisa jarak jauh, antar kota antar provinsi, jarak perjalanan panjang,” ucap Aat.

Baca juga: Ubahan Mitsubishi Xpander Cross Facelift yang Baru Meluncur


Kemudian, salah satu yang dipertimbangkan ketika menggunakan kendaraan listrik adalah daya tahan dari baterai. Misalnya, dalam kondisi penuh, sejauh apa truk bisa melaju, apalagi untuk kendaraan niaga, harus membawa beban.

“Kalau komersial kan umumnya jarak panjang (jauh), waktu panjang (lama), dan juga bawa beban yang berat, pasti pengaruh ke jarak tempuh. Makin berat beban, kemungkinan kebutuhan akan listriknya kan bisa berbeda,” kata Aat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.