BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Lexus

Perkuat Visi Elektrifikasi, Lexus Perkenalkan Mobil Konsep LF-Z Electrified dan All New Lexus RX di GIIAS 2022

Kompas.com - 12/08/2022, 21:40 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lexus Indonesia membawa visi elektrifikasi melalui serangkaian kejutan yang dihadirkan dalam pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten.

Visi tersebut merupakan komitmen sekaligus kontribusi Lexus Indonesia dalam mengurangi emisi gas buang.

Pada GIIAS 2022, Lexus Indonesia mengusung booth berkonsep eco-friendly lounge dengan tema “An Alluring Future of Tomorrow”. Lexus pun menjadi booth pertama sekaligus satu-satunya yang menghadirkan 100 persen unit display berteknologi elektrifikasi.

Tak hanya itu, sejalan dengan pengembangan teknologi elektrifikasi untuk mencapai carbon neutrality, Lexus Indonesia juga menghadirkan kendaraan konsep The Lexus LF-Z Electrified. Melalui kendaraan ini, Lexus Indonesia ingin menampilkan citra masa depan dan arah evolusi teknologi dari perusahaan di masa yang akan datang.

General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma mengatakan bahwa sebagai “Next Generation of Lexus”, LF-Z Electrified Concept menggabungkan performa berkendara dan teknologi yang ingin diwujudkan Lexus di masa depan.

“Seluruh inovasi yang tertanam dalam Lexus LF-Z Electrified Concept merupakan kisi-kisi desain, fitur, dan teknologi pada model-model terbaru yang akan diperkenalkan Lexus dalam waktu dekat,” ucap Bansar dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (11/8/2022).

Bansar melanjutkan bahwa konsep desain mobil tersebut bertujuan untuk mencapai proporsi dan penampilan yang menawan. Pembaruan desain dilakukan mulai dari depan kendaraan yang dibuat lebih rendah hingga memuncak di bagian belakang.

Desain tersebut memperlihatkan karakteristik unik pada The Lexus LF-Z Electrified Concept. Terobosan desain juga dilakukan pada spindle design yang dibuat menjadi tiga dimensi dalam bentuk keseluruhan bodi kendaraan.

Baca juga: Lexus Meluncurkan RX Hybrid di GIIAS 2022

“Hal tersebut menunjukkan semangat Lexus untuk menghasilkan styling yang sejalan dengan perkembangan teknologi,” tuturnya.

Bansar melanjutkan bahwa selaras dengan konsep “Lexus Driving Signature”, Lexus LF-Z Electrified Concept memiliki sistem penggerak DIRECT4 yang dapat berubah secara adaptif. Perubahan sistem penggerak ini dimulai dari front wheel drive (FWD) serta rear wheel drive (RWD) atau all-wheel drive (AWD).

Perubahan sistem tersebut juga disempurnakan dengan teknologi steer-by-wire untuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi.

Lexus LF-Z Electrified Concept, lanjut Bansar, juga telah menggunakan konsep tazuna cockpit di bagian interior. Konsep ini didukung dengan all-new multi-screen interface yang terinspirasi dari bentuk kupu-kupu hitam.

Serangkaian layar ditempatkan di sepanjang garis pandangan pengemudi. Hal ini membuat pengemudi dapat mengoperasikan seluruh tombol, tampilan head-up display, sistem navigasi, sistem audio, serta driving mode tanpa perlu mengubah pandangan.

“Konsep all-new multi-screen interface membantu meningkatkan konsentrasi berkendara pengemudi. Terlebih, dengan dukungan teknologi artificial intelligence, pengemudi dapat berinteraksi melalui sentuhan atau suara saat mengendarai mobil,” kata Bansar.

Bansar melanjutkan, beberapa konsep dan inovasi yang ditampilkan LF-Z Electrified Concept telah diimplementasikan pada All New Lexus RX.

The All New Lexus RX PHEV. DOK. Lexus Indonesia. The All New Lexus RX PHEV.

Untuk diketahui, All New Lexus RX pertama kali dikenalkan di Asia pada ajang GIIAS 2022. Mobil ini mengadopsi bahasa limitless design terbaru melalui perubahan signifikan pada spindle grille. Di bagian tersebut, Lexus mengenalkan desain 3D spindle baru yang kini disebut spindle body.

Tak sekadar memberikan identitas baru dari segi desain, Bansar memastikan bahwa The All New Lexus RX juga menawarkan performa berkendara luar biasa melalui konsep “Lexus Driving Signature”.

“The All New Lexus RX telah mengadopsi platform GA-K untuk menyempurnakan beberapa elemen, seperti low center of gravity, weight reduction, serta body rigidity,” tuturnya.

Bansar menambahkan, The All New Lexus RX akan segera dipasarkan di Indonesia. Mobil ini akan menjadi pionir dan game changer pada segmen medium luxury sport utility vehicle (SUV) di Indonesia.

Baca juga: Lexus Pamer Mobil Listrik di GIIAS 2022, Ada Mobil Delegasi G20

“Selangkah lebih maju untuk mewujudkan visi dan tujuan Lexus Electrified di Indonesia, The All New Lexus RX akan menjadi model pertama di segment medium luxury SUV dengan teknologi elektrifikasi melalui kehadiran varian hybrid electric dan plug-in hybrid electric,” tutur Bansar.

Sebagai informasi, model Lexus RX merupakan mobil yang mengawali Lexus Electrified pada 2005. Saat itu, pabrikan mobil mewah asal Jepang ini mengenalkan Lexus RX 400. Mobil ini merupakan kendaraan luxury pertama yang dilengkapi teknologi Lexus Hybrid Electric Drive.

Lexus UX 300e Jadi Mobil Listrik Resmi KTT G20

Selain memamerkan mobil konsep dan mengenalkan All New Lexus RX, Lexus juga mengumumkan bahwa all-electric pertamanya, yaitu Lexus UX 300e, terpilih sebagai salah satu mobil listrik resmi untuk para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20) di Bali, Oktober-November 2022.

Bansar menjelaskan, Lexus UX 300e merupakan representasi dari visi elektrifikasi dan komitmen Lexus Indonesia untuk turut mendukung program pemerintah dalam mengurangi emisi gas buang.

Mobil tersebut dilengkapi dengan baterai lithium-ion berkapasitas 54,3 kilowatt-hour (kWh). Dalam kondisi baterai penuh, Lexus UX 300e dapat menempuh jarak 300 kilometer (km) berdasarkan pengujian The Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Procedure (WLTP).

“Melalui power train EV yang powerful dan efisien, Lexus UX 300e menawarkan kenikmatan berkendara yang luar biasa sehingga dapat mendukung mobilitas para delegasi KTT G20,” ujarnya.

Baca juga: Setelah Dipakai KTT G20, 143 Unit Lexus UX 300e Bisa Dijual Massal

Di ajang GIIAS 2022, Lexus Indonesia juga meluncurkan varian baru dari sub-compact luxury SUV, yaitu Lexus UX 250h. Mobil ini telah tersedia dalam varian F Sport. Peluncuran ini, kata Bansar, semakin mempertegas visi elektrifikasi Lexus Indonesia.

“Kami menghadirkan Lexus UX 250h F Sport guna memperluas pilihan pelanggan setia Lexus Indonesia dan sebagai langkah nyata dari komitmen kami untuk dapat menyediakan varian berbasis listrik di seluruh lini mobil Lexus di Indonesia,” kata Bansar.

Kejutan untuk pelanggan

Tak sekadar mengenalkan mobil listrik premium masa depan dan line-up terbaru, Lexus Indonesia juga berkomitmen menyediakan berbagai fasilitas eksklusif bagi pelanggannya.

Pabrikan asal Negeri Sakura itu menyediakan Lexus Charging Network yang telah tersedia di seluruh Lexus Gallery dan Lexus Exclusive Parking Privilege.

Lexus Indonesia juga akan menambah lokasi Lexus Charging Network dan Immersion by Lexus yang merupakan brand space Lexus pertama di Asia Tenggara.

The All New Lexus RX HEV. DOK. Lexus Indonesia. The All New Lexus RX HEV.

“Kemudian, untuk mendukung layanan purnajual, Lexus sedang mengembangkan Electric Lexus Mobile Concierge Service (E-LMCS) untuk melayani kebutuhan emergency bagi pemilik mobil listrik Lexus,” tuturnya.

Keseluruhan inovasi dan pengembangan teknologi yang dihadirkan Lexus Indonesia saat ini dan di masa depan dilakukan untuk melengkapi kebutuhan konsumen yang beragam. Upaya ini dilakukan untuk menginspirasi dinamika industri otomotif di Tanah Air, khususnya pada bidang elektrifikasi.

Jika ingin melihat teknologi dan inovasi elektrifikasi mobil premium, Anda dapat mengunjungi booth Lexus selama perhelatan GIIAS 2022 di Hall 2, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Banten, pada 11-21 Agustus 2022. Rasakan amazing experience serta omotenashi khas Lexus.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com