Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isuzu Boyong Truk Konsep ELF Listrik ke GIIAS 2022

Kompas.com - 11/08/2022, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) turut membawa truk listrik berbasis Elf atau Elf EV pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Selain truk listrik Elf, Isuzu juga memboyong berbagai model truk, mulai dari Elf sampai Giga. Bahkan ada juga D-Max dan Mu-x yang dimodifikasi dengan gaya kendaraan kerja di daerah pertambangan.

Kembali bahas Elf EV, truk ringan ini dipajang paling depan di booth Isuzu yang berada di hall 7-8 ICE BSD. Berdasarkan pantauan redaksi di lokasi pameran, Elf EV masih ditutup bagian belakangnya dengan kain hitam.

Baca juga: Hino Boyong Truk Listrik Mini di GIIAS 2022

Truk listrik Elf EV di booth Isuzu GIIAS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Truk listrik Elf EV di booth Isuzu GIIAS 2022

Jika dilihat pada bagian depannya atau kepala truk, memang tidak terlihat berbeda dengan Elf biasa yang memakai mesin diesel. Namun ada bubuhan plakar di bagian depan bertuliskan Isuzu Electric Vehicle.

Secara spesifikasi, Elf EV ini memang belum pasti, mengingat masih dalam bentuk konsep. Namun jika melihat ke spesifikasi Elf EV yang diuji di Australia, bisa dibilang punya tenaga dan torsi yang buas.

Pertama soal baterai, Elf EV dibekali dengan baterai lithium-ion 132 kWh. Kemudian, energi listrik tadi disalurkan ke motor listrik direct drive yang menghasilkan tenaga 100 kW atau 134 TK (continuous) dan 130 kW atau 174,3 TK (maximum).

Baca juga: Apa Sebenarnya Manfaat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Setiap Tahun?


Selain tenaganya yang besar, torsi dari Elf EV ini juga bisa dibilang badak. Secara kontinu, torsi yang disalurkan sebesar 800 Nm, sedangkan maksimum torsinya mencapai 1.500 Nm.

Tentu torsi tadi bisa dibilang sangat besar, apalagi untuk kelas truk ringan atau light duty truck. Tapi, perlu diingat kalau Elf EV ini masih konsep, akan ada penyesuaian kembali akan seperti apa spesifikasi resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com